PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BIRUL WALIDAIN

SETYOWATI, LILIS (2018) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BIRUL WALIDAIN. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, peningkatan aktivitas, hasil belajar dan kreativitas siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS kelas V SD Muhammadiyah Birrul Walidan Kudus. Strategi pembelajaran Inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses kreativitas belajar untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Materi IPS yang di kaji adalah menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di SD Muhammadiyah Birrul Walidan dengan subyek siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Inkuiri, sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar IPS dan kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 72,22%, meningkat pada siklus II menjadi 84,72%. (2) Aktivitas belajar siswa ranah afektif terjadi peningkatan dari siklus I rata-rata mencapai 64,96% meningkat pada siklus II menjadi 80,99%, sedangkan aktivitas siswa pada ranah psikomotorik pada siklus I rata-rata 74,83% meningkat pada siklus II menjadi 78,31%. Ketuntasan klasikalhasil belajar IPS siswa pada prasiklus sebesar 64,29%, meningkat pada siklus I menjadi 73,39% dan siklus II meningkat menjadi 78,57%. (3) Kreativitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 63,13% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 78,75%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan strategi inkuiri berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik serta hasil belajar IPS dan kreativitas siswa kelas V SD Muhammadiyah Birrul Walidan. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya selalu aktif dan memperhatikan materi yang disampaikan guru. Bagi guru hendaknya menggunakan strategi dan media pembelajaran yang variatif, salah satunya dengan menerapkan strategi inkuiri

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Ika Oktavianti, M.Pd
Kata Kunci: Kreativitas Belajar IPS, Starategi Inkuiri, Media Gambar Proklamasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:06
Last Modified: 22 Mar 2019 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item