NURYA SINTA, CHASNA (2018) PENGGUNAAN STRATEGI ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARANFLASH CARDKABAPUSI UNTUK PENINGKATAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS IIISD 3 HADIPOLO KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (677kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (186kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan strategi artikulasi berbantuan media pembelajaran flash cardKabapusi (Kartu Baca Puisi) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca puisi. Strategi artikulasi adalah strategi pembelajaran yang prosesnya berlangsung layaknya pesan berantai. Artinya, pesan yang telah diberikan oleh guru wajib diteruskan siswa dengan menjelaskannya pada siswa lain (pasangan kelompoknya). Media pembelajaran flash cardmerupakan sebuahkartu yang berisikombinasiantaragambardanteks. Media pembelajaran yang digunakan adalah flash card kabapusi merupakan kepanjangan dari kartu baca puisi yang diberikan oleh peneliti sebagai bukti orisinalitas bahwa media tersebut asli buatan peneliti.Keterampilan membaca merupakan suatu proses keterampilan yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas III SD 3 Hadipolo dengan subjek penelitian 35 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terhadap peningkatan keterampilan mengajar guru terdapat peningkatan belajar siwa pada materi membaca puisi memperoleh presentase rata-rata yang cukup signifikan pada siklus I (74, 22%), dan siklus II (89, 06%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 68,57% (baik) dan siklus II 88,57% (sangat baik). Peningkatan hasil belajar siswa membaca puisi dengan strategi artikulasi berbantuan media pembelajaran flash card kabapusi juga mengalami peningkatan pada siklus I 65,71% (baik) dan siklus II 85, 71% (baik sekali). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan strategi artikulasi berbantuan media pembelajaran flash card kabapusi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas III SD 3 Hadipolo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas III SD 3 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa melalui strategi artikulasi berbantuan media pembelajaran flash card kabapusi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas III SD 3 Hadipolo.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | StrategiArtikulasi, Flash Card, MembacaPuisi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:16 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9323 |
Actions (login required)
View Item |