PUJIATI, PUJIATI (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTU BLOK PECAHAN UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 3 GEMULUNG JEPARA. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (693kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (388kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti dan memahami sesuatu. Contextual teaching and learning adalah model pembelajaran yang menekankan siswa untuk aktif membangun konsep dengan mengalami belajar sendiri.Hipotesis tindakan yang diajukan adalah keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, kemampuan pemahaman konsep dengan diterapkannya model Contextual Teaching and Learning berbantu blok pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Gemulung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model CTL berbantu blok pecahan, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembelajaran matematika melalui model Contextual teaching and learning berbantu blok pecahan meningkat pada setiap siklus. Rata-rata skor keterampilan mengajar guru siklus I yaitu 2,27 dengan kategori cukup baik. dan meningkat pada sikus II menjadi 3,21 dengan kategori baik. rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 2,10 dengan kategori cukup baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 2,57 mencapai kriteria baik. sedangkan persentase ketuntasan hasil kemampuan pemahaman konsep siswa pada prasiklus yaitu 21% dengan kriteria kurang, kemudian pada siklus I menjadi 47% dengan kategori sedang dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantu blok pecahan dapat meningkatkan ketrampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan kemampuan pemahman konsep pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Gemulung. Saran dalam penelitian ialah guru harus berusaha meningkatkan pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang inovasi, menggunakan media dan sumber belajar yang beragam.Untuk siswa harus lebih bersemangat dan rajin dalam mengikuti pembelajaran terutama pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Pemahaman konsep, Contextual Teaching Learning, Blok pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil kemampuan pemahama konsep dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantu blok pecahan pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:08 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9336 |
Actions (login required)
View Item |