RAMADHANI, ALFIYAH (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WAYANG TOKOH DI KELAS V SDN SUKOHARJO 01 PATI. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
halaman depan SKRIPSI.pdf - Accepted Version Download (434kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB 1 tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III tumpuk1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI tumpuk.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA tumpuk.pdf - Accepted Version Download (146kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran tumpuk .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Make a match berbantuan media Wayang Tokoh dalam meningkatkan pemahaman konsep IPS Materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda. Model Pembelajaran Make a Match merupakan pembelajaran yang dikembangkan oleh Lorna Curran untuk mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dengan suasana yang menyenangkan. Dalam penelitian ini penerapan model Make a Match difokuskan pada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda. Media Wayang Tokoh merupakan media permainan tentang gambar perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang dikemas dalam cerita petualangan yang menarik. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Dalam penelitian ini penerapan model make a match difokuskan pada materi IPS perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang mengutamakan mencari pasangan. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yaitu pada ranah kognitif siklus I (28,1%) siklus II menjadi (78,1%), ranah afektif siklus I (45,23%) menjadi (75,23%) pad asiklus II, ranah psikomotorik siklus I (74%) menjadi (90,31%) pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I (73%), menjadi siklus II (84%) melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda kelas V SDN Sukoharjo 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Sukoharjo 01 Pati dapat disimpulkan bahwa penggunaan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda kelas V SDN Sukoharjo 01 Pati. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match dan menggunakan media dengan baik agar dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Deka Setiawan, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Make a Match, Media Wayang Tokoh, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:10 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9357 |
Actions (login required)
View Item |