HAEYYA, MANAFI’ (2018) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD 4 KARANGBENER KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (708kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (185kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (I) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku pada peserta didik kelas IV SD 4 Karangbener Kudus. (2)Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media audiovisual dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada Tema Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 4 Karangbener Kudus. (3) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media Audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar pada Tema Daerah Tempat Tinggalku peserta didik kelas IV SD 4 Karangbener Kudus. Model pembelajaran Inkuiri adalah model pembelajaran yang membuat peserta didik secara aktif menemukan konsep dari pengalaman belajar melalui proses penemuanadapun langkah-langkahnya yakni: menyajikan pertanyaan atau masalah, membuat hipotesis,menguji hipotesis dan pengambilan keputusan. Dengan melakukan percobaan atau eksperimen peserta didik memiliki peluang untuk menemukan konsep dari materi yang mereka pelajariidalam proses model pembelajaran Inkuiri. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (I) Penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media Audiovisual meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar tema 8 Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 4 Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. (2) Penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media Audiovisual meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 4 Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. (3) Penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbantuan media Audiovisual meningkatkan hasil belajar siswa tema 8 Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 4 Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Subjek penelitian yaitu guru sebagai peneliti dan siswa berjumlah 18, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitiantindakan kelas prosedur penelitian. Terdiri dari 2 siklus 6 kali pertemuan. Masing-masing siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data sikap ilmiah siswa, didapat melalui lembar observasi, evaluasi akhir siklus dan lembar sikap ilmiah siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi hasil belajar dengan persentase siklus I sebesar 72,2% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,4% adapun keterampilan guru diperoleh 78,5% pada siklus I dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 89,5% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. aktivitas siswa diperoleh 72,9% pada siklus I dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 79% pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar tema daerah temat tinggalku kelas IV SD 4 Karangbener Bae Kudus. Adapun saran yang diberikan yaitu model Inkuiridapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Model Inkuiri, Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:12 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9377 |
Actions (login required)
View Item |