PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM POSING BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DI SDN 6 PECANGAAN JEPARA

DAROJA SIWI, IZZA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM POSING BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DI SDN 6 PECANGAAN JEPARA. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB 1 .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan Problem Posing berbantuan permaianan tradisional engklek pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok. Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dapat dimunculkan terhadap siswa melalui Problem Posing berbantuan permainan tradisonal engklek. Problem Posing merupakan model pembelajaran dimana siswa diminta untuk mengajukan suatu masalah. Dalam model ini, siswa dihadapkan pada suatu masalah, merumuskan suatu masalah, dan mempresentasikan suatu masalah, serta melakukan tindak lanjut. Permainan tradisional engklek merupakan permainan lompat-lompatan pada bidang datar yang telah diberi garis pola kotak-kotak, pola pola tersebut dapat dirangkai menjadi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 6 Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian 23 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah ketrampilan guru, aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis, sedangkan variabel bebasnya adalah model Problem Posing berbatuan media permainan tradisional engklek. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan pemahaman konsep matematis siswa prasiklus sebesar 13,05% meningkat pada siklus I sebesar 65,21% dan pada siklus II sebesar 91,30%. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 2,65 meningkat pada siklus II sebesar 3,26. Pada keterampilan guru pada siklus I sebesar 3,05 meningkat pada siklus II sebesar 3,4 Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Problem Posing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matematika kelas IV SD N 6 Pecangaan Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas IV SD N 6 Pecangaan dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Posing berbantuan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, aktivitas belajar, dan keterampilan guru pada mata pelajaran matematika mater jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV SD N 6 Pecangaan. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Problem Posing berbantuan permainan tradisional engklek menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami konsep jaring-jaring kubus dan balok.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Problem Posing, Media Permainan Tradisional Engklek.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:12
Last Modified: 22 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9381

Actions (login required)

View Item View Item