MAULIDA FADLIYANI, NUR (2018) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA “ALBUM KEBUDAYAAN INDONESIA” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR TEMA 7 SISWA KELAS IV SDN 4 JEKULO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (502kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (126kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together(NHT)berbantuan media Album Kebudayaan Indonesia dan menemukan peningkatan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa pada tema 7 muatan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 4 Jekulo. Model Numbered Head Together merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa. Pemahaman konsep merupakan kemampuan untuk menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, membandingkan, menyimpulkan, menjelaskan. Aktivitas belajar merupakan suatu aktivitas yang dilakukan saat proses pembelajaran. Album Kebudayaan Indonesia merupakan media berupa kumpulan gambar tentang keragaman budaya di Indonesia. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Numbered Head Together berbantu media album kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar tema 7 siswa kelas IV SDN 4 Jekulo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Jekulo dengan subjek penelitian 42 siswa. Penelitian ini berlangsung selama II siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together(NHT) dan media Album Kebudayaan Indonesia. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dankualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru pada siklus I memperoleh hasil 72,79%, siklus II memperoleh hasil 80,52%. Pemahaman konsep pada muatan pelajaran IPS siklus I memperoleh hasil 66,67%, siklus II memperoleh hasil 80,95%, sedangkan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia siklus I memperoleh hasil 69,05%, siklus II memperoleh hasil 85,71%. Pada aktivitas siswa siklus I memperoleh hasil 63%, siklus II memperoleh hasil 72%. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media album kebudayaan Indonesia dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 4 Jekulo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media album kebudayaan Indonesia dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 4 Jekulo.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Numbered Head Together (NHT), Album Kebudayaan Indonesia, Pemahaman Konsep, Tema 7 |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:55 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9386 |
Actions (login required)
View Item |