PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD 2 TERBAN KUDUS

MUNAWAROH, ELI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD 2 TERBAN KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran PBLberbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan kelas IV SD 2 Terban. Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu proses dalam menyelesaikan masalah. Problem Based Learning (PBL) berbantuan media puzzle adalah sebuah pembelajaran yang fokus pada masalah sehingga tidak hanya mempelajari konsep saja yang berhubungan dengan masalah tetapi juga metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah dan menumbuhkan pola berpikir kritis melalui bantuan media puzzle. Penelitian tindakan kelas dilaksnakan di kelas IV SD 2 Terban dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas pada penelitiain ini adalah penerapan model PBL berbantuan media puzzle. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan antara siklus I (62%) dan siklus II (81%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 71% (baik) menjadi 73,5% (baik) pada siklus II. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 75% (baik) menjadi 87% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model problem based learningberbantuan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan kelas IV SD 2 Terban Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas IV SD 2 Terban dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model problem based learning berbantuan media puzzle, guru harus memberi soal-soal yang bervariasi agar siswa dapat mengembangkan pola berpikirnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Based Learning, Media Puzzle
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:53
Last Modified: 04 Jan 2019 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item View Item