PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA WAYANG KARDUS PADA SISWA KELAS V SD 7 CENDONO

TRI LESTARI, DEWY (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA WAYANG KARDUS PADA SISWA KELAS V SD 7 CENDONO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran Skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia pada materi unsur intrinsik cerpen dengan diterapkannya model Think Pair Share berbantuan media wayang kardus pada siswa kelas V SD 7 Cendono, (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi unsur intrinsik cerpen dengan diterapkannya model Think Pair Share berbantuan media wayang kardus pada siswa kelas V SD 7 Cendono, (3) Mengetahui peningkatan keterampilan menyimak cerpen melalui model Think Pair Share berbantuan media wayang kardus pada siswa kelas V SD 7 Cendono. Keterampilan menyimak merupakan suatu proses kegiatan mendengarkan dengan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. Cerita pendek adalah salah satu bentuk karya fiksi dengan namanya, memperlihatkan sifat yang serba pendek, baik peristiwa yang diungkapkan, isi cerita, jumlah pelaku dan jumlah kata yang digunakan. Model Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan siswa waktu untuk berpikir secara individu untuk merespon pertanyaan kemudian dilakukan kelompok secara berpasangan. Media wayang kardus merupakan sebuah media yang termasuk ke dalam jenis media visual yang karena media ini dapat dilihat dan dipegang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 7 Cendono dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media wayang kardus. Variabel terikatnya adalah adalah keterampilan menyimak materi unsur-unsur cerita pendek. Instrument penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan guru dalam mengajar keterampilan menyimak berbantuan media wayang kardus pada siklus I 77% (baik) menjadi 91% (sangat baik) siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam siklus I 69,85% (baik) menjadi 85% (sangat baik) siklus II. Penilaian kinerja keterampilan menyimak cerpen secara lisan siswa dalam belajar mata pelajaran bahasa Indonesia juga memangalami peningkatan antara siklus I 68% (baik) dan siklus II 92% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa melalui model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dan keterampilan menyimak cerita pendek. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 7 Cendono dapat disimpulkan dengan melalui model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dan keterampilan menyimak cerita pendek siswa kelas V SD 7 Cendono.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Cerpen, Think Pair Share, Wayang Kardus.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:38
Last Modified: 04 Jan 2019 01:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9416

Actions (login required)

View Item View Item