CHANIFAH MUBAROKAH, SITI (2018) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 1 MEGAWON KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN SAMPUL.pdf - Accepted Version Download (365kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (110kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN FIKS.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaranMind Mapping berbantuan Media Postermateri perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Model pembelajaranMind Mapping merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk membentuk, menvisualisasi, mendesain, mencatat, serta mengklarifikasi topik utama, sehingga siswa bisa mengerjakan tugas-tugas yang materinya tergolong banyak. Hasil belajar merupakan suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang siswa baik dalam ranah kognitif, psikomotor dan afektif sebagai hasil dari kegiatan belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Megawon Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media poster sedangkan untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yakni 75% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88,75% (sangat baik). Persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I yakni 65,56% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,92% (baik). Persentase hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I yakni 70,14% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,16% (amat baik). Persentase hasil belajar ranah kognitif pada prasiklus yakni 41,37% (kurang), kemudian setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I meningkat menjadi 68,96% (baik), dan pada siklus II meningkat dengan persentase klasikal 86,21% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD 1 Megawon Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, S.Pd. |
Kata Kunci: | Mind Mapping, Media Poster, Hasil Belajar IPS, Materi Perjuangan Tokoh Dalam Mempertahankan Kemerdekaan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:37 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9424 |
Actions (login required)
View Item |