NOFITA ANJANI, DIAN (2018) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD 1 PIJI KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (573kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (660kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (223kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa dan peningkatan berpikir kritis siswa kelas V SD 1 Piji Kudus dengan penerapan model Think Pair Share berbasis lingkungan pada materi sifat-sifat cahaya. Berpikir kritis merupakan suatu pemikiran mengenai hal yang memungkinkan siswa merumuskan, mengevaluasi, memutuskan apa yang diyakini untuk dilakukan. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan waktu berpikir, merespon, dan saling membantu yang dilakukan secara berpasangan. Berbasis lingkungan adalah media yang memanfaatkan benda-benda yang terdapat disekitar lingkungan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Think Pair Share berbasis lingkungan pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD 1 Piji Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Piji dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share berbasis lingkungan. Sedangkan variabel terikat adalah berpikir kritis siswa. Metode Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan berpikir kritis siswa ranah kognitif dalam pembelajaran IPA. Keterampilan guru pada siklus I 71,76% (baik) dan siklus II 87,51% (sangat baik). Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I 69,20% (baik) meningkat menjadi 81,22% (baik) pada siklus II. Aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I 69,48% (baik) meningkat menjadi 81,62% (sangat baik). Berpikir kritis siswa ranah kognitif pada prasiklus 43,50% (sedang) menjadi 52,17% (sedang) pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 86,96% (sangat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbasis lingkungan dikatakan berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan berpikir kritis siswa ranah kognitif pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD 1 Piji Kudus. Saran yang diberikan kepada siswa agar aktif dalam pembelajaran, guru lebih mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator, motivator dan pengelolaan kelas agar pembelajaran berjalan dengan optimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunuddin, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Think Pair Share,Berbasis Lingkungan, Berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:15 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9485 |
Actions (login required)
View Item |