Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dengan Menggunakan Metode Komunikasi Total Berbasis Bimbingan bagi Siswa Tuna Rungu Kelas II SDLB Sukoharjo Pati Tahun 2012

Asiyah, Siti (2012) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dengan Menggunakan Metode Komunikasi Total Berbasis Bimbingan bagi Siswa Tuna Rungu Kelas II SDLB Sukoharjo Pati Tahun 2012. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (21MB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (21kB)
[thumbnail of Lampiran ] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (64MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitianinidilatarbelakangikarenasiswa tuna rungudarisegikebahasaannyanampakmiskindalamkosa kata, sulitmengartikanataumemahamiungkapanbahasa yang mengandungartikiasan, sulitmengartikanataumemahami kata-kata abstrak, kurangmenguasaiiramadangayabahasa, danmotivasibelajarrendah. Permasalahan yang diteliti: Apakahmelaluikomunikasi total berbasisbimbingandapatmeningkatkankemampuankomunikasipadasiswatunarungukelas II SDLB SukoharjoPati?.Tujuandalampenelitianiniadalah: diperolehnyakeaktifansiswadalammengikutilayananbimbinganklasikaldanpeningkatankemampuankomunikasipadasiswatunarungukelas II SDLB SukoharjoPatisetelahmelaluipenerapankomunikasi total berbasisbimbingan. Adapunkegunaanpenelitianadalah: 1. Kegunaanteoretis: Penelitianinidiharapkandapatmemberikankontribusikeilmuansertareferensitambahandalamkajianbimbingandankonseling. 2. KegunaanPraktis; a. Memberimasukankepadakepalasekolahdalamusahaperbaikan proses pembelajaran, penambahansaranadanprasaranaberupabuku-bukureferensi, media pembelajaran,danteknikpembelajaranyang tepatsehingga proses pembelajaran di sekolahlebihbaik, b. Penelitianinidiharapkandapatdijadikanmasukanbagi guru sebagaiusahakomunikasiterapeutikpadaanaktunarungu di SDLB SukoharjoPatimelaluikomunikasi total, dan c. Melaluikomunikasi total berbasisbimbinganmemungkinkansiswamelakukanaktivitasberkomunikasidenganbaik. Subjekpenelitianadalah8siswa.Variabelpenelitianmeliputivariabel X (penerapankomunikasi totalberbasisbimbingan) danVariabel Y (kemampuanberkomunikasisiswa).Metodepengumpulan data menggunakantes,observasi, dandokumentasi.Indikatorkinerja: 1. Indikator proses yaitu:a. Proses pembelajarandikatakanberhasil, apabilapengamatankinerjakonselorpadaaspek-aspekhigh touch danhigh tech, skor yang diperolehmencapaiprosentase 75% ataudalamkategoribaik. b. Proses pembelajarandikatakanberhasil, apabilapengamatankeaktifansiswapadaaspek-aspekkeaktifandalam proses pembelajaran, kreatifitasdalammenulisnama-namabenda di dalamkelas, menjawabpertanyaan, konsentrasi/perhatianskor yang diperolehmencapaiprosentase 75% ataudalamkategoribaik. 2. Indikatorhasilyaitu: Penguasaankomunikasi verbal dannon verbaldalambentukkemampuanmembacadanmenulispermulaanmatapelajaranBahasa Indonesia telahmencapai 75% darijumlahsiswamendapatnilai 60keatas. Sedangkananalisis data secaradeskriptifkomparatif yang dilanjutkanrefleksipadatiap-tiapsiklus. Hasilanalisispengamatansiklus I: Hasilpengamatan : 1. Keaktifansiswapadasiklus I dalamkategorirendahdenganskor rata-rata 50,6. 2. Pembelajarandenganteknikkomunikasi total berbasisbimbingannilai rata-rata kelas 51,3denganketuntasanbelajardiperoleh 3 siswa (37,5%). Refleksi; penerapanpendekatanhigh touchdanhigh techsudahberhasil, keaktifansiswadalammengikuti KBM dalamkategoribaikdanketuntasanbelajarsudahtercapaimakaperludilakukantindakanpadasiklus II.Hasilpengamatansiklus II: 1. Keaktifansiswapadasiklus II dalamkategoribaikdenganskor rata-rata 70. 2. Pembelajarandenganteknikkomunikasi total berbasisbimbingannilai rata-rata kelas 70 denganketuntasanbelajardiperoleh 7 siswa (87,5%). Refleksi; penerapanpendekatanhigh touchdanhigh techsudahberhasil, keaktifansiswadalammengikuti KBM masihrendahdanketuntasanbelajarbelumtercapaimakatindakanpadasiklus II dipandangcukup. Simpulan,1.Keaktifansiswapadasiklus I selamamengikutibimbingandalamkategorirendahdenganskor rata-rata 50,6sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadikategoribaikdenganskor rata-rata 70, adapeningkatan 19,4 point. 2. Melaluikomunikasi totalberbasisbimbingankemampuanberkomunikasisiswamengalamipeningkatan. Padakondisiawalnilai rata-rata 43,8 denganketuntasan 1 siswa (12%), siklus Inilai rata-rata 51,3 denganketuntasan3 siswa (37,5%), padasiklus II nilai rata-rata 70 denganketuntasan 7 siswa (87,5%) jadipeningkatandarikondisiawalsampaidengansiklus II sebesar (75,5%).Saran-saranppenulissampaikankepada: 1. KepalaSekolahmemotivasi guru untukmelakukaninovasidalampembelajarandenganmelakukanPenelitianTindakanBimbingandanKonseling (PTBK) denganmenerapkankomunikasi total. 2. Guru untukmeningkatkankemampuanberkomunikasiperluadanyakomunikasi total denganmemadukanbentuk-bentukkomunikasisepertibahasatulis, lisan, danbahasaisyarat, danperlunyapendekatanhigh touchdanhigh techdalamkegiatanbelajarmengajar, supayasiswamerasanyamandanrilekssehinggadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa, 3. Siswadalamkegiatanbelajarmengajarsiswasalingmembantu, kasihsayangdenganteman, berdiskusidanmenghargaiadanyaperbedaanpendapat. 4. Orang tuamembimbingdanmemotivasiputra-putrinyadalambelajarmenulisdanmembaca di rumah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I = Drs.H. Sucipto, M.pd.Kons
Subjects: Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Komunikasi. media massa
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2136 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2013 06:56
Last Modified: 11 Sep 2013 06:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item