Model Pendidikan dan Pembentukan Karakter Pemuda Indonesia Melalui Gerakan Pramuka*

Romadlon, Farid Noor dan Ismaya, Erik Aditia (2015) Model Pendidikan dan Pembentukan Karakter Pemuda Indonesia Melalui Gerakan Pramuka*. ICESS.

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (cover) - Accepted Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Hal Depan) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (165kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Di era globalisasi abad ke 21, kaum muda Indonesia sedang dihinggapi krisis karakter yang sangat memprihatinkan. Sudah seharusnya negara tergerak untuk melakukan pencegahan dan penanganan serius, karena jika dibiarkan begitu saja, dipastikan nasib masyarakat dan bangsa Indonesia di masa depan akan suram sebagai akibat dari hancurnya karakter pemuda Indonesia. Salah satu upaya negara dalam membendung dan menangani krisis karakter pada pemuda Indonesia adalah dengan mengarahkan para pemuda supaya aktif dalam kegiatan kepramukaan. Kepramukaan pada hakekatnya adalah suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi pemuda, dibawah tanggung jawab dan pengawasan anggota dewasa, yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan keluarga, dengan prinsip dasar, metode pendidikan dan tujuan membentuk karakter pemuda Indonesia supaya menjadi baik. Ambalan sebagai satuan Gerakan Pramuka tingkat penegak, mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam upaya membantu mendidik dan membentuk karakter pemuda Indonesia dengan caranya sendiri. Upaya pendidikan dan pembentukan karakter pemuda Indonesia pada setiap Ambalan tentunya berpedoman pada Syarat Kecakapan Umum, serta adat ambalan yang menjadi ciri khas dan pembeda tiap-tiap ambalan. Makalah ini merupakan hasil penelitian Hibah Penelitian Dosen Pemula yang didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2015 yang mengungkap model-model pendidikan dan pembentukan karakter pemuda Indonesia pada tiga dari tujuh ambalan yang diteliti, yaitu: SMA 1 Kudus, SMK 1 Kudus, MAN 2 Kudus. Secara khusus disampaikan: model pendidikan dan pelatihan Pramuka Penegak Bantara di setiap pangkalan yang diteliti; Karakteristik proses pendidikan dan pelatihan dalam membentuk karakter Pramuka Penegak Bantara di setiap pangkalan; Karakter yang ingin dibentuk pada seorang Pramuka Penegak Bantara di setiap pangkalan.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: Model, Pendidikan, Karakter, Pramuka
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 14 Feb 2019 03:07
Last Modified: 14 Feb 2019 03:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10100

Actions (login required)

View Item View Item