Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas IV SDN Danyangmulyo 02 Winong Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Istiana, Yulia (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas IV SDN Danyangmulyo 02 Winong Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (506kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (115kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang dalam permasalahan ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di SDN Danyangmulyo 02 Winong Pati, dimana siswa memiliki motivasi belajar rendah. Rendahnya motivasi belajar disebabkan oleh ketergantungan siswa kepada temannya dalam menghadapi masalah belajar, disiplin belajar masih kurang, malas dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, kurang mengetahui cara belajar yang baik dan tidak dapat membagi waktu untuk belajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Danyangmulyo 02 yang belum optimal. Permasalahan yang diteliti: apakah melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Danyangmulyo 02 Winong Pati tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok dan mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IV SD Negeri Dayangmulyo 02 Winong Pati tahun pelajaran 2011/2012. Adapun manfaat penelitian ini adalah: 1. Teoritis: hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam pengembangan konsep layanan bimbingan dan konseling khususnya pengembangan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok. 2. a. Layanan bimbingan kelompok dapat menjadi masukan bagi peneliti dalam pengelolaan kelompok dan pengembangan motivasi belajar, b. hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif dalam pengembangan motivasi belajar siswa yaitu melalui layanan bimbingan kelompok. c. dengan adanya penelitian ini, diharapkan sekolah menyediakan sarana dan prasarana guna mendukung kegiatan layanan bmbingan kelompok, d. memberikan wawasan yang lebih luas bagi konselor dalam hal pengembangan motivasi belajar siswa utamanya melalui layanan bimbingan kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatan motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Danyangmulyo 02 Winong Pati tahun pelajaran 2011/2012. Lokasi penelitian ini di SD Negeri Danyangmulyo 02 Winong Pati mulai awal bulan April sampai dengan bulan Juni 2012. Subyek penelitian berjumlah 8 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang mempunyai motivasi belajar kurang dan cukup yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok dengan teknik Variabel bebas dan Variabel terikat. Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi.. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4 pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan, 6 siswa kategori kurang dan 2 siswa kategori cukup (motivasi sebelum tindakan sebesar 40%). Hasil analisis motivasi belajar siklus I motivasi belajar siswa meningkat, 8 siswa kategori cukup (motivasi belajar pasca siklus I sebesar 41,5%). Sedangkan hasil analisis motivasi belajar pasca siklus II, motivasi belajar 8 siswa meningkat menjadi kategori baik (skala motivasi belajar pasca siklus II sebesar 27,5%). Sehingga keseluruhan dari 2 siklus terjadi peningkatan 69% dan semua siswa berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar. Saran yang diberikan (1) Bagi Kepala sekolah hendaknya memiliki sikap apresiatif terhadap layanan BK sehingga dapat membuat kebijakan sekolah tentang peran penting dan saling berkolaborasi antara proses pembelajaran dengan layanan BK (2)Bagi Guru kelas hendaknya memasukkan bimbingan kelompok sebagai salah satu program tambahan di sekolah supaya siswa dapat melakukan kegiatan kelompok demi menunjang keberhasilan mereka dalam belajar, (3) Bagi Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu mereka dalam memecahkan persoalan dan permasalahan yang dialami oleh siswa, (4) Guru pembimbing hendaknya melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok pada saat jam bimbingan dan konseling dengan cara membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 = Drs. Sucipto, M.Pd.Kons
Kata Kunci: Kata Kunci : Motivasi Belajar; Bimbingan Kelompok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Pembelajaran bahasa
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Motivasi
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2136 not found.
Date Deposited: 03 May 2013 04:04
Last Modified: 03 May 2013 04:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item