PENERAPAN MODEL EXAMPLENON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD 3 MEGAWON

FATMAH, SITI (2019) PENERAPAN MODEL EXAMPLENON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD 3 MEGAWON. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal. judul]
Preview
PDF (hal. judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Flipchart pada tema Pahlawanku kelas IV SD 3 Megawon. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa yang mengalami pengalaman langsung dalam proses pembelajaran. Perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, yang menyangkut aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Model pembelajaran Example Non Example merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Media Flipchart adalah lembaran-lembaran kertas menyerupai album, yang disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya. Flipchart merupakan media cetakan yang sangat sederhana dan cukup efektif karena Flipchart.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar dalam proses pembelajaran tema pahlawanku di kelas IV SD 3 Megawon dengan diterapkan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Flipchart. Dalam penelitian ini menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya, yaitu setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdapat 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 3 Megawon, yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dari teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema pahlawanku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 68,7% (Baik) dan pada siklus II 80,6% (Baik). Hasil belajar ranah kognitif siswa muatan PPKn meningkat cukup signifikan antara siklus I (64%) dan siklus II (71%). Muatan IPS dengan kekuntasan pada siklus I sebesar (71%) dan siklus II (86%).Pada ranah afektif siklus I 72,2% (Baik) dan siklus II 76,3% (Baik). Kemudian pada ranah psikomotorik siklus I 70,9% (Baik) dan siklus II 76,6% (Baik). Hal tersebut membuktikkan bahwa penerapan model Example Non Example berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Megawon. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di kelas IV SD 3 Megawon, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Example NonExample Berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar tema pahlawanku kelas IV SD 3 Megawon.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 : Santoso, M.Pd NIDN : 0608038502 Pembimbing 2 : Nur Fajrie, M.Pd NIDN : 0610907803
Kata Kunci: Learning Outcomes, Example Non Example, Flipchart media.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Jul 2019 01:17
Last Modified: 19 Jul 2019 01:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item