UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA BERBAGAI PEKERJAAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS IV SDN 03 ADIWARNO KUDUS

Aisyah, Noor (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA BERBAGAI PEKERJAAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS IV SDN 03 ADIWARNO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (495kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (290kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (470kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (205kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran melalui model Discovery Learning berbantuan media gambar pada tema berbagai pekerjaan pada kelas IV SDN 03 Adiwarno. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran ini hal yang diinginkan adalah hasil belajar yang maksimal. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal sangat diperlukan kemampuan pemahaman dalam pembelajaran. Model Discovery Learning adalah salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam suatu proses belajar siswa. Penerapan model pembelajaran discovery learning ini mengajari siswa untuk menemuan ide yang baru yang sebelumnya belum diketahui. Berdasarkan hasil penelitian adanya peningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. keterampilan guru pada siklus I memperoleh total skor 62,5 persentase sebesar 78,12% dengan kategori “baik”, sedangkan pada siklus II dengan memperoleh skor rata-rata 72,5 persentase sebesar 90,62% dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 72,38% dengan kategori “baik” dan pada siklus II dengan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 81,49% dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa pada prasiklus memperoleh rata-rata nilai prasiklus 68,40 dengan kriteria “cukup”siklus I memperoleh rata-rata nilai70,2 dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan rata-rata nilai 81,6 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV di SD 03 Adiwarno, disimpulkan bahwa hasil belajar dapat meningkat melalui model discovery learning berbantuan media gambar pada tema berbagai pekerjaan pada kelas IV SD 03 Adiwarno Kudus

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Deka Setiawan, S.Pd.,M.Pd. NIDN : 0617088403 Pembimbing 2 : Muhammad Noor Ahsin, S.Pd.,M.Pd. NIDN : 0605048701
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, model discovery learning, media gambar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 19 Jul 2019 01:46
Last Modified: 19 Jul 2019 01:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10436

Actions (login required)

View Item View Item