PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TEMA PAHLAWANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONBERBANTUAN MEDIA PAPANFLANEL KELAS IV SDNBANDUNGREJO 3

AINIYAH, SITI QURROTUL (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TEMA PAHLAWANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONBERBANTUAN MEDIA PAPANFLANEL KELAS IV SDNBANDUNGREJO 3. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (447kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (222kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (423kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (192kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta penggunaan model Cooperative Interated Reading and Compostion berbantuan media papan flannel dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif kelas IV SDN Bandungrejo 3. Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang wajib dimiliki seseorang guna menumbuhkan imajinasi yang terpendam yang dapat menghasilkan ide-ide baru. Model CIRC adalah model pembelajaran yang dirancang khusus untuk mengembangkan mata pelajaran dalam rangka membaca guna menemukan ide sebuah bacaan. Papan flannel merupakan sebuah media pembelajaran yang terbuat dari papan yang berlapiskan kain flannel dengan ukuran yang telah ditentukan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta penggunaan model Cooperative Interated Reading and Compostion berbantuan media papan flannel dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif kelas IV SDN Bandungrejo 3. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Bandungrejo 3 dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus setiap siklus terdiri atas empat yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas adalah model Cooperative Interated Reading and Compostion. Sedangkan variable terikat penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif. Instrument dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru mengalami peningkatan dari presentase 82% pada siklus I menjadi 85% (sangat baik) pada siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media papan flannel yang signifikan antara tahap prasiklus yang mencapai rata-rata presentase 40% (rendah), siklus I mencapai presentase rata-rata sebesar 56% (rendah), dan siklus II mencapai presentase 88% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata presentase 62% (sedang) menjadi 80% (sangat baik). Unjuk kerja permainan papan flannel dari rata-rata presentase 60% (sedang) menjadi 82,77% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Bandungrejo 3 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Compositiondapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema pahlawanku kelas IV SDN Bandungrejo 3.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Santoso, S.Pd., M.Pd NIDN : 0608038602 Pembimbing 2 : Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd NIDN : 0619097803
Uncontrolled Keywords: : Kemampuan Berpikir Kreatif, Model CIRC, Papan Flannel.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 19 Jul 2019 01:57
Last Modified: 19 Jul 2019 01:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item