Rancang bangun buka tutup tempat Sampah otomatis berbasis arduino

FAUZI, MUHAMMAD HASAN (2019) Rancang bangun buka tutup tempat Sampah otomatis berbasis arduino. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (814kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (255kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (468kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (348kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (428kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (242kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (928kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Sampah akan menjadi masalah karena bisa mengganggu kesehatan manusia, menimbulkan bau yang tidak enak dan polusi udara. Dengan adanya tempat sampah seakan tidak begitu berarti karena kebanyakan orang lebih senang membuang sampah secara sembarangan, begitu juga terhadap petugas kebersihan untuk mengecek kapasitas tempat sampah yang sering lupa mengakibatkan sampah menumpuk sehingga dapat mengotori ruangan. Kebanyakan tempat sampah yang ada sekarang ini masih menggunakan cara sederhana yaitu dengan cara membuka dan menutup tempat sampah secara manual. Permasalahan ini dapat menyebabkan tangan akan sangat rawan terkena bakteri pada tempat sampah tersebut. Atas dasar itu penulis bertujuan untuk membuat suatu tempat sampah yang dimana penggunaannya secara otomatis yaitu tanpa membuka dan menutup secara manual.Yaitu “Rancang Bangun Buka Tutup Tempat Sampah Otomatis Berbasis Arduino”. Pada pembuatan alat ini menggunakan sensor jarak yaitu sensor HC-SR04 lalu diolah kedalam mikrokontroller Arduino dan dikendalikan oleh motor servo, apabila jarak sesuai pada pengaturan program maka secara otomatis motor servo berfungsi sebagai mekanik buka tutup tempat sampah, supaya kondisi didalam tempat sampah dapat diketahui penuh ataupun tidak ,maka led merah menyala penanda tempat sampah sudah penuh sedangkan led hijau menyala penanda tempat sampah belum penuh. Hasil penelitian yang sudah dilakukan selama tiga kali pengukuran dari jarak 30 cm, 35 cm 40 cm untuk pembacaan sensor pertama dan jarak 10 cm, 15 cm, 20 cm untuk pembacaan jarak sensor kedua. Hasil yang didapatkan adalah pembacaan sensor pertama pada jarak 30 cm motor servo berputar 180° untuk membuka tutup dan pembacaan sensor yang kedua jika jarak 10 cm dari sensor maka LED indicator merah on menandakan kapasitas sampah sudah penuh. Jadi uji coba keseluruhan sistem dikatakan berhasil 100% karena kinerja alat sesuai dengan program arduino.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : MOHAMMAD DAHLAN,ST.,MT NIDN : 0601076901 Pembimbing 2 : SOLEKHAN,ST.,MT NIDN : 0619057201
Uncontrolled Keywords: Arduino uno, sensor Hc-SR04, tempat sampah otomatis.
Subjects: Teknologi > Teknik elektro, Teknik Nukllir
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Jul 2019 02:20
Last Modified: 27 Jul 2019 02:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item View Item