4cs analysis of textbook “bahasa inggris kelas x” For tenth grade students Published by pusat kurikulum dan perbukuan

KHAYATI, NOOR (2019) 4cs analysis of textbook “bahasa inggris kelas x” For tenth grade students Published by pusat kurikulum dan perbukuan. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (740kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (273kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (224kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam pembelajaran bahasa inggris tidak bisa terpisahkan dari buku paket. Kita sekarang menghadapi abad 21 yang menuntut siswa untuk belajar bahasa inggris tidak hanya sebagai pelajaran namun juga sebagai persyaratan. Keahlian abad 21 diantaranya kerja sama, komunikasi, kreativitas dan berfikir kritis yang lebih dikenal sebagai 4Cs. 4Cs pada abad 21 sangat penting dimiliki untuk bisa berpartisipasi secara penuh dalam dunia global. Hal itulah yang menuntut buku paket bahasa inggris untuk bisa menyesuaikan dengan tantangan pada abad 21. Untuk memastikan buku paket telah siap menghadapi abad 21, maka perlu untuk mengevaluasi buku paket sesuai keahlian abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengembangan materi yang menunjukkan keahlian bekerja sama, keahlian berkomunikasi, keahlian berfikir kreatif dan keahlian berfikir kritis pada buku paket Bahasa Inggris kelas X oleh pusat kurikulum dan perbukuan. Metode dari penelitian ini merupakan qualitatif deskriptif. Data yang digunakan yaitu kegiatan yang menyediakan 4Cs (Keahlian bekerja sama, berkomunikasi, berfikir kreatif dan berfikir kritis) pada buku paket Bahasa Inggris kelas X oleh pusat kurikulum dan perbukuan. Sementara sumber datanya adalah buku paket yang digunakan oleh kelas X SMA berjudul Bahasa Inggris kelas X oleh pusat kurikulum dan perbukuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan bekerja sama ditemukan sebanyak 36 kali pada kegiatan warmer, reading, vocabulary exercise, text structure, grammar review, speaking dan writing. Kemampuan berkomunikasi ditemukan sebanyak 74 kali pada kegiatan warmer, pronunciation practice, reading, vocabulary exercise, text structure, grammar review, speaking, writing dan further activities. Kemampuan berfikir kreatif ditemukan sebanyak 29 kali pada kegiatan warmer, speaking dan writing. Kemampuan berfikir kritis ditemukan sebanyak 100 kali pada kegiatan warmer, vocabulary builder, reading, vocabulary exercise, text structure, grammar review, speaking, writing, reflection. Penulis menyampaikan saran; (1) kepada guru untuk lebih memperhatikan dalam memilih buku paket dan lebih kreatif dalam penerapan kemampuan abad 21 di kelas; (2) Kepada penulis buku paket untuk melakukan evaluasi kegiatan di buku paket dan meningkatkan kegiatan yang berhubungan dengan permasalahan nyata pada abad 21; (3) kepada untuk melakukan penelitian tidak hanya mengevaluasi buku paket tetapi juga penerapan kemampuan abad 21 di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra.Sri Endang Kusmaryati, M.Pd NIDN : 0631036102 Pembimbing 2 : Mutohhar, S.Pd, M.Pd NIDN : 0621018302
Uncontrolled Keywords: kerja sama, komunikasi, berfikir kreatif, berfikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 29 Jul 2019 01:36
Last Modified: 29 Jul 2019 01:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item