Pengaruh perputaran modal kerja (working capital turnover) dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2012 – 2016

Jannah, Tafrihatul (2018) Pengaruh perputaran modal kerja (working capital turnover) dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2012 – 2016. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (968kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (245kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (488kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (570kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (573kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (162kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (232kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (584kB) | Request a copy
[img] PDF (Artikel) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (538kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Globalisasi menuntut setiap perusahaan termasuk perusahaan manufaktur untuk mengelola perusahaannya lebih efisien dalam menjalankan usaha. Tercatat pada kuartal 2 tahun 2017 pertumbuhan industri manufaktur bergerak di bawah pertumbuhan ekonomi nasional. Mengingat pentingnya peran industri manufaktur dalam penyumbang PDB, maka diperlukan faktor pendorong untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan, diantaranya dengan memperhatikan perputaran modal kerja dan besarnya aset perusahaan terhadap pencapaian profitabilitas. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh dari elemen perputaran modal kerja dan ukuran perusahaan dalam mengoptimalkan pencapaian laba perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2012 – 2016 dengan menggunakan data laporan keuangan. Terdapat 6 perusahaan manufaktur yang menjadi sampel dalam penelitian ini dengan metode yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, uji F serta koefisien determinasi (adjustedRsquare). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel perputaran modal kerja tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan variabel perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap profitabilitas. Secara simultan, variabel perputaran modal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas. Besarnya koefisien determinasi (adjustedR square) sebesar 0,764 artinya sebesar 76,4% variabel dependen yaitu profitabilitas dapat dijelaskan oleh variabel independen yang terdiri dari perputaran modal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan ukuran perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 23,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Supriyono, SE., MM. NIDN : 0614037104 Pembimbing 2 : Dian Wismar’ein, SE., MM. NIDN : 0612127702
Uncontrolled Keywords: Perputaran Modal Kerja, Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan > Manajemen keuangan. Keuangan bisnis. Keuangan perusahaan
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 09 Aug 2019 03:29
Last Modified: 09 Aug 2019 03:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10952

Actions (login required)

View Item View Item