HANDAYANI, NOVI TRI (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematismateri pecahan dengan model Contextual teaching and learning berbantuan media papan jenang. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (641kB) | Preview |
Preview |
PDF (BAB 1)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (226kB) | Preview |
PDF (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (190kB) | Preview |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstrak
Siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal pemecahan masalah matematis. Siswa kesulitan apabila soal tersebut memerlukan lebih dari satu langkah penyelesaian. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih dibawah nilai ketuntasan Kriteria Minimal (KKM) yang maksimal.Sehingga penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis materi pecahan dengan model contextual teaching and learning berbantuan media papan jenang. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 6 Cendono dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media papan jenang. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Papan Jenang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siklus I sebesar 60,3 dan siklus II sebesar 77,9. Sedangkan presentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I sebesar 43,4% dengan kriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II 78,2% dengan kriteria cukup. Presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dengan kriteria sedang dan meningkat pada siklus II 81% dengan kriteria sedang. Sedangkan presentase keterampilan mengajar guru pada siklus I sebesar 3,1 dengan kriteria cukup baik dan meningkat pada siklus II 3,7 dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Dr. Martono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Himmatul Ulya, M.Pd NIDN : 0621099001 |
Kata Kunci: | Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pecahan, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Aug 2019 02:40 |
Last Modified: | 10 Aug 2019 02:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10996 |
Actions (login required)
View Item |