Penerapan model make a match berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas v sdn 2 bulu jepara

HUDA, FAZA MANZULUL (2019) Penerapan model make a match berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas v sdn 2 bulu jepara. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (HAL. JUDUL) - Accepted Version
Download (4MB)
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Download (2MB)
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (45MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Make A Match berbantuan media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SD 2 Bulu Jepara. Hasil belajar adalah sesuatu yang diperoleh oleh siswa setelah terlaksanakannya akivitas belajar, seseorang yang mengalami perubahan tingkah laku pada diri yang dapat diukur melalui bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Make A Match merupakan suatu jenis model kooperatif yang dirancang untuk pola interaksi antar siswa, serta memberikan waktu bagi siswa untuk berpikir, merespon, serta saling membantu satu sama lain untuk memecahkan masalah. Suatu bentuk media pengembangan dari media gambar, yang digunakan sebagai pengenalan tokoh-tokoh pada materi yang diajarkan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peingkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model Make A Match berbantuan dengan media gambar materi memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah pada siswa kelas V SD 2 Bulu Jepara. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 2 Bulu Jepara dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama II siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Make A Match dan media gambar. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. teknik pengumpulan data mnggunakan teknik wawancara, observasi tes, dan dokumentasi. analisis data ang diunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketrampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dengan persentase76,875% menjadi 83,75%. Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan siklus I ke siklus II yaitu dari 77,77% menjadi 88,88%. Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu 81,18% menjadi 88,19%, ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 77,05% menjadi 79,28%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 2 Bulu jepara dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran PKn materi Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah kelas V SDN 2 Bulu Jepara.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd NIDN : 0617088403
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Make A Match, Memberikan Contoh Peraturan Perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 10 Aug 2019 02:46
Last Modified: 10 Aug 2019 02:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10998

Actions (login required)

View Item View Item