Penerapan model learningcycle dalam pembelajaran ips berbantu media flashcard untuk meningkatkan pemahaman konsep kelas v sdn sarirejo 04 pati

KHASANAH, AGUSTINA ARUM USWATUN (2019) Penerapan model learningcycle dalam pembelajaran ips berbantu media flashcard untuk meningkatkan pemahaman konsep kelas v sdn sarirejo 04 pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (HAL. JUDUL) - Accepted Version
Download (595kB)
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Download (183kB)
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (461kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (529kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (46kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (156kB)
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuanmengetahui dan mendeskripsikan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar dan pemahaman konsep IPSdengan model penerapan model Learning Cycle berbantuan media flashcard. Pemahaman konsep merupakan proses dimana peserta didik menerima, menyerap, dan memahami konsep dalam pembelajaran secara keseluruhan dan benar. Model Learning Cycleadalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa denganpendekatankonstruktivis yang terdiridari lima tahapyakni (a) pembangkitanminat, (b) eksplorasi, (c) penjelasan, (d) elaborasi dan (e) evaluasi.Flashcard adalah mediapembelajaranberupagambar. Hipotesistindakandalampenelitianinipenggunaanmodel Learning Cycleberbantuan media flashcard dapatmeningkatkanketerampilan guru, aktivitassiswadanpemahamankonsep IPS siswa kelas V SDN Sarirejo 04 Pati. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Sarirejo 04 Pati dengan subyek penelitian 31 siswa. Variabel bebas adalah model Learning Cycledenganberbantuan media Flashcard, sedangkan variable terikat pemahamankonsep IPS.Metode pengumpulan data menggunakan wawancara guru dan siswa, lembar observasi keterampilan guru, aktivitas siswa dan tes uraian. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (expertjudgement). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep IPS siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dalam pelajaran IPS melalui model Learning Cycle berbantuan media flashcard.Rata-rata pemahaman konsep mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,06% dan siklus II meningkat menjadi 82,90%. Dan pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 58,62% dan siklus II meningkat menjadi 76,55%. Dan pada keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60,71% dan siklus II meningkat 85,26%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle berbantuan media flashcard dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa materi keragaman suku dan bangsa di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sarirejo 04 Pati. Saran yang dapat di sampaikan adalah siswa harapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd NIDN : 0631108401 Pembimbing 2 : Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd NIDN : 0619097803
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep,Learning Cycle, Flashcard, PembelajaranIPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 10 Aug 2019 03:04
Last Modified: 10 Aug 2019 03:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item View Item