Pengembangan modul etnomatematika berbasis open ended untuk meningkatkan hasil Belajar siswa kelas iv

LATIFAH, DWI NIKMATUL (2019) Pengembangan modul etnomatematika berbasis open ended untuk meningkatkan hasil Belajar siswa kelas iv. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
PDF (HAL. JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
PDF (BAB 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (52MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu belum tersedianya bahan ajar matematika dengan memanfaatkan permasalahan open ended berbasis kebudayaan lokal di SD N Bugel 03. Selain itu, pembelajaran masih difokuskan pada hafalan dan berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu sebanyak 37% siswa kelas IV belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji validitas modul etnomatematika berbasis open ended untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV; (2) menguji kepraktisan modul etnomatematika berbasis open ended untuk meningkatkan hasil belajasi siswa kelas IV; (3) menguji efektivitas penerapan modul etnomatematika berbasis open ended dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD N Bugel 03 dengan subjek penelitian guru kelas IV dan 19 siswa. Jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D) dengan langkah penelitian sebagai berikut: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan format produk awal; (4) uji coba terbatas; (5) revisi produk; (6) uji coba skala luas; (7) revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis validitas modul, analisis kepraktisan modul, dan analisis keefektifan modul melalui uji t dan uji N gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dinyatakan pada kriteria valid dengan skor 3,28. Penilaian oleh guru menyatakan modul praktis dengan skor 3,25 dan penilaian siswa menyatakan modul termasuk dalam kriteria praktis dengan skor 3,35. Modul dinyatakan efektif dengan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan yang signifikan dan terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa. Berdasarkan paparan di atas, modul etnomatematika berbasis open ended yang dikembangkan telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Saran yang diberikan yaitu hendaknya modul etnomatematika berbasis open ended digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar matematika kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sebaiknya modul divalidasikan pada lebih dari satu ahli meteri dan ahli media. Selain itu, penggunaan modul sebaiknya digunakan dengan bimbingan guru atau orang tua agar pemanfaatannya lebih maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd NIDN : 0621099001 Pembimbing 2 : Ratri Rahayu, M.Pd NIDN : 0618019001
Kata Kunci: Modul Etnomatematika, Open Ended, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Aug 2019 03:28
Last Modified: 10 Aug 2019 03:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11015

Actions (login required)

View Item View Item