Peningkatan Pemahaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaa Melalui Metode Demostrasi Berbantu Media KIT di Kelas IV SD 1 Mejobo.

RAHMAWATI, ALIYA (2019) Peningkatan Pemahaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaa Melalui Metode Demostrasi Berbantu Media KIT di Kelas IV SD 1 Mejobo. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (HAL. JUDUL) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Download (146kB)
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (594kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (544kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (28kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (162kB)
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan pemahaman konsep, aktivitas belajar dan keterampilan guru melalui penerapan metode demosntrasi berbantu media KIT pada tema 1 Kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang dalam memahami dan mengetahui sesuatu dan dikatakan dapat memahami apabila ia dapat memberi penjelasan secara rinci, mendetail dan meniru hal tersebut sesuai dengan kata-katanya sendiri. Metode demonstrasi adalah metode yang dilakukan dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan dan menirukannya, serta mempertunjukkan secara langsung maupun tidak langsung dihadapan siswa tentang suatu proses, situasi ataupun keadaan tertentu disertai dengan melakukan suatu kegiatan dan dengan diberi penjelasan secara lisan dan mendetail. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan metode demostrasi melalui media KIT dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas siswa dan keterampilan guru pada tema 1 di kelas IV SD 1 Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SD 1 Mejobo Kudus dengan subyek penelitian berjumlah 22 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep, aktivitas dan keterampilan guru, sedangkan variabel bebasnya adalah metode demonstrasi dan media KIT. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes kognitif siswa pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut: (1) Peningkatan pemahaman konsep pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 68,36% dengan kriteria cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus ke II menjadi 96.19%. (2) Peningkatan aktivitas belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebanyak 70,08, dan meningkat lagi pada siklus ke II menjadi 84,56% dengan kriteria sangat baik. (3) Peningkatan keterampilan guru pada siklus ke I dengan hasil persentase sebanyak 84,72%, dan meningkat pada siklus ke II dengan hasil persentase sebanyak 93,05% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode demonstrasi berbantu media KIT muatan IPA dn Bahasa Indonesia pada tema indahnya kebersamaan dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar dan keterampilan guru kelas IV SD 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2019/2020. Saran dari penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam setiap proses kegiatan pembelajaran dikelas. Hendaknya guru juga dapat menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan media KIT dan lebi terampil dalam menggunakan media pembelajaran aga siswa dapat memahami dan menemukan setiap konsep dari materi yang diajarkan oleh guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Khamdan, M.Pd NIDN : 0612047001 Pembimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd NIDN : 0610701000001275
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Aktivitas Belajar Siswa, Tema Indanya Kebersamaan, Muatan IPA dan Bahasa Indonesia, Metode Demonstrasi, Media KIT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 10 Aug 2019 03:41
Last Modified: 10 Aug 2019 03:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11017

Actions (login required)

View Item View Item