Penerapan model think talk write (ttw) berbantuan media pop up book untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan siswa kelas iv sekolah dasar

Khairunnisa, Wahyunita (2019) Penerapan model think talk write (ttw) berbantuan media pop up book untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan siswa kelas iv sekolah dasar. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matmatika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Think Talk Write berbantuan media Pop Up Book pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD 1 Mlatinorowito Kudus untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Mlatinorowito Kudus dengan subjek penelitian 43 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap siklusnya melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran dan untuk meninggakatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa digunakan lembar tes atau evaluasi. Variabel bebas adalah model TTW. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran matematika siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,18 (baik) meningkat pada siklus II sebesar 3,86 (sangat baik). Aktivitas belajar siswa antara siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,1 (baik) meningkat pada siklus II sebesar 87,3 (baik). Kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,98 (cukup) dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 74,42% (cukup) meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,47 (cukup) dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 88,37% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD 1 Mlatinorowito dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Think Talk Write, guru harus memberikan masalah untuk dipecahkan oleh siswa. Hal ini bertujuan agar siswa dapat mengembangkan daya berpikir, berbicara, dan menulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 :Drs. Masturi, MM NIDN : 0614055701 Pembimbing 2 : Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Think Talk Write, Media Pop Up Book, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:06
Last Modified: 20 Aug 2019 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11150

Actions (login required)

View Item View Item