Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model open ended berbantuan media peta tema 5 ekosistem pada siswa kelas v sdn tluwuk

Kiptiyah, Wariatul (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model open ended berbantuan media peta tema 5 ekosistem pada siswa kelas v sdn tluwuk. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peningkatan keterampilan guru dengan diterapkannya model Open Ended berbantuan media peta pada tema 5 Ekosistem siswa kelas V SDN Tluwuk. dan (2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Tluwuk dengan diterapkannya model Open Ended pada tema 5 Ekosistem berbantuan media peta. Kemampuan berpikir kritis merupakan hasil kemampuan siswa untuk memecahkan permasalahan atau pertanyaan dengan argumentasi, informasi serta bukti yang logis. Open Ended adalah suatu model yang menekankan siswa pada proses berpikir yang kritis dan kreatif untuk menemukan jawaban yang beragam dari suatu permasalahan. Hipotesis tindakan dalam penelitian yaitu (1) Penerapan model Open Ended berbantuan media peta dapat meningkatkan keterampilan guru. dan (2) Penerapan model Open Ended berbantuan media peta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema 5 ekosistem siswa kelas V SDN Tluwuk. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Tluwuk Pati dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun variabel bebas yaitu model Open Ended dan media peta. Sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh peningkatan ketuntasan nilai kemampuan berpikir kritis dengan diterapkannya model Open Ended berbantuan media peta pada aspek pengetahuan dan hasil evaluasi siswa yang cukup signifikan pada siklus I sebesar 58,6% dan siklus II sebesar 86,2%. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek keterampilan siklus I sebesar 66,5% dan siklus II sebesar 85,3%. Pada keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 83% dan siklus II sebesar 89,6%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Open Ended berbantuan media peta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema 5 ekosistem siswa kelas V SDN Tluwuk. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Open Ended berbantuan media peta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada tema 5 ekosistem siswa kelas V SDN Tluwuk. Maka disarankan dalam menerapkan model Open Ended berbantuan media peta, guru hendaknya memberikan pertanyaan yang dapat mengembangkan kekritisan siswa dalam menjawabnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Erik Aditia Ismaya, M.A NIDN : 0623038604 Pembimbing 2 : Muhammad Noor Ahsin, M.Pd NIDN : 0605048701
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Open Ended, danMedia Peta.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:14
Last Modified: 20 Aug 2019 02:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item