Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model inkuiri berbantuan media pop-up book pada tema 5 pahlawanku muatan ips dan bahasa indonesia di kelas iv Sd 1 bulungcangkring

Amalia, Farikhatul (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model inkuiri berbantuan media pop-up book pada tema 5 pahlawanku muatan ips dan bahasa indonesia di kelas iv Sd 1 bulungcangkring. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (502kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (226kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (505kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (253kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book padaTema 5 Pahlawanku Muatan IPS dan Bahasa Indonesia di Kelas IV SD; (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book padaTema 5 Pahlawanku Muatan IPS dan Bahasa Indonesia di Kelas IV SD; (3) menemukan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada Tema 5 Pahlawanku muatan IPS dan Bahasa Indonesia di Kelas IV SD dengan model inkuiri berbantuan media pop-up book. Kemampuan berpikir kritis merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah (1) penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajarkan muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada Tema 5 Pahlawanku kelas IV di SD 1 Bulungcangkring; (2) penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada Tema 5 Pahlawanku kelas IV di SD 1 Bulungcangkring; (3) penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan bepikir kritis siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada Tema 5 Pahlawanku kelas IV di SD 1 Bulungcangkring. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Bulungcangkring dengan subjek penelitian 31 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdapat tiga pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri, variabel atribut adalah media pop-up book. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis tema 5 pahlawanku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dengan model inkuiri berbantuan media pop-up book pada siklus I memperoleh persentase 64,75% dengan kriteria “Sedang” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,5% dengan kriteria “Tinggi”. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 40% dengan kriteria “Rendah” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Kemampuan berpikir kritis siswa muatan IPS pada siklus I memperoleh persentase 68% dengan kriteria “Sedang”, dan pada siklus II mengalami peningkatan persentase menjadi 87% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Sedangkan, kemampuan berpikir kritis siswa muatan Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh persentase 51% dengan kriteria “Sedang”, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada Tema 5 muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 1 Bulungcangkring. Saran dalam penelitian ini yakni guru hendaknya menerapkan model inkuiri berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd NIDN : 0605048701
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Pop-Up Book.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 02:21
Last Modified: 20 Aug 2019 02:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item View Item