Penerapan model problem based learning berbantuan couple cardtematik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema sehat itu penting Kelas v sd 2 bae

Khoniah, Aini Ummul (2019) Penerapan model problem based learning berbantuan couple cardtematik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema sehat itu penting Kelas v sd 2 bae. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (998kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (243kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (410kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (559kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (148kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (133kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan Couple Card Tematik pada tema 4 kelas V SD 2 Bae. Berpikir kritis merupakan pemikiran yang masuk akal dan reflektif. Model Problem Based Learningyakni model yang bercirikan adanya permasalahan nyata. Couple Card Tematikmerupakan media kartu berpasangan yang terdiri dari kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang saling melengkapi. Hipotesis tindakan yakni penerapan model Problem Based Learning berbantuan Couple Card Tematik dapat meningkatkan keterampilan guru dan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 4 kelas V SD 2 Bae. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian kelas V SD 2 Bae berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model Problem Based Learning dan Couple Card Tematik dan variabel terikat yakni kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Tema 4 melalui model Problem Based Learningberbantuan Couple Card Tematik meningkat. Persentase keterampilan mengajar guru pada siklus I 69% kriteria baik, siklus II menjadi 82,5% kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kritis Bahasa Indonesia siklus I yakni 69% kriteria baik, siklus II menjadi 84% kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kritis PPKn siklus I yakni 72% kriteria baik, siklus II menjadi 85% kriteria sangat baik. Aspek keterampilan berpikir kritis siswa siklus I yakni 61% kriteria cukup, siklus II menjadi 80% kriteria baik. Aspek sikap berpikir kritis siswa siklus I yakni 65% kriteria baik, siklus II yakni 77% kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD 2 Bae dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Couple Card Tematik dapat meningkatkan keterampilan guru dan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema sehat itu penting kelas V SD 2 Bae.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Muhammad Noor Ahsin, M.Pd NIDN : 0605048701 Pembimbing 2 : Ristiyani, M.Pd NIDN : 0615068604
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Couple Card Tematik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 02:28
Last Modified: 20 Aug 2019 02:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item View Item