Efektivitas model conseptual understanding prosedures (cups) berbantuan modul etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas v

Fibrianti, Nurlaily (2019) Efektivitas model conseptual understanding prosedures (cups) berbantuan modul etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas v. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (695kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (252kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (615kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (621kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (561kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPs) berbantuan modul etnomaematika dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) menemukan dan menyimpulkan ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain posttest only control group. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPs)sedangkan varaibel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Muhammadiyah Birrul Walidain tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 45 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa kelas kontrol dan 22 siswa kelas eksperimen yaitu seluruh populasi akan dijadikan sampel dan ditentukan dengan teknikcluster random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data awal meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji kesamaan rata-rata, sedangkan analisis data akhir meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis penelitian yang terdiri dari uji perbedaan rata-rata dan uji ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPs) berbantuan modul etnomatematika dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematis adalah 80,6 untuk kelas eksperimen dan 65,9 untuk kelas kontrol, (2) ketuntasan belajar pada kelas ekperimen telah mencapai ketuntasan belajar individual dan klasikal 80%, dengan demikian diperoleh simpulan bahwa Conseptual Understanding Prosedures (CUPs) berbantuan modul etnomatematika efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Sehingga bagi guru mata pelajaran matematika kelas V SD Muhammadiyah Birrul Walidain dapat menerapkan Conseptual Understanding Prosedures (CUPs) berbantuan modul etnomatematika untuk memberikan pemahaman konsep matematis siswa lebih baik

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd NIDN : 0718058501 Pembimbing 2 : Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd NIDN : 0621099001
Uncontrolled Keywords: Conseptual Understanding Prosedures (CUPs), Pemahaman Konsep Matematis, Pecahan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 02:34
Last Modified: 20 Aug 2019 02:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11162

Actions (login required)

View Item View Item