Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 singocandi melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media garpu pada tema berbagai pekerjaan

Maria, Putri Hanik (2019) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 singocandi melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media garpu pada tema berbagai pekerjaan. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (652kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (199kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (355kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (470kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru kelas IV SD 2 Singocandi pada tema Berbagai Pekerjaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media garpu. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari 3 tahapan yaitu “Thinking” pembelajaran diawali guru dengan mengajukan petanyaan sesuai materi pembelajaran untuk dipikirkan oleh siswa. “Pairing” pada tahap ini guru meminta siswa untuk berpasang-pasangan diharapkan dalam diskusi ini dapat mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. “Sharing” hasil diskusi dari tiap-tiap pasangan dibicarakan dengan pasangan seluruh kelas. Media pembelajaran Garpu merupakan media gambar yang berisi jenis-jenis pekerjaan dilingkungan sekitar digunakan ketika pembelajaran berlangsung, dapat membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini penerapan model Think Pair Share di fokuskan pada tema 4 yaitu Berbagai Pekerjaan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Stephen Kemmis dan Robin Mc Toggrat dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Singocandi dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variable bebas yakni model pembelajaran Think Pair Share dan media permainan Garpu. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang meliputi keterampilan mengajar guru antara siklus I 65,67% menjadi 86,67% pada siklus II. Hasil belajar siswa dalam pengetahuan pada siklus I muatan IPS dan Bahasa Indonesia mendapatkan 62,50%. Pada siklus II mengalami peningkatan pada muatan IPS mendapatkan 87,50% sedangkan muatan Bahasa Indonesia mendapatkan 91,67%. Keterampilan siswa siklus I 54,61% meningkat pada siklus II 77,81%. Hal itu membuktikan bahwa menggunakan think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Singocandi pada tema 4 berbagai pekerjaan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Singocandi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Singocandi pada tema 4 berbagai pekerjaan . untuk itu disarankan dalam menerapkan model think pair share guru harus memberi pengarahan agar siswa aktif dalam pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd NIDN : 0619128801
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Media Pembelajaran Garpu, Hasil Belajar, Keterampilan Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 02:42
Last Modified: 20 Aug 2019 02:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item