Penerapan model think pair share berbantuan media kotak kartu misterius untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 pahlawanku kelas iv di sd 2 troso

Febriani, Dwi Rizqiatus Shoumi (2019) Penerapan model think pair share berbantuan media kotak kartu misterius untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 pahlawanku kelas iv di sd 2 troso. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (26kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (353kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (499kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (464kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (575kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (190kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar tematik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn siswa kelas IV SD 2 Troso. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah penerapan model Think Pair Share berbantuan media kotak kartu misterius dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 5 Pahlawanku muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yakni untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 5 Pahlawanku muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn di kelas IV SD 2 Troso tahun ajaran 2018/ 2019 dengan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kotak kartu misterius. Hasil belajar adalah suatu hasil dari suatu pemahaman, peningkatan prestasi yang telah dilakukan oleh siswa melalui sebuah proses. Adapun hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil dari proses pembelajaran. Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang mengajarkan sebuah solidaritas mengenai perbedaan pendapat. Dimana dalam sebuah kelas dibagi menjadi beberapa kelompok (berpasangan) yang mempunyai perbedaan pendapat dan mereka harus menyelesaikan perbedaan tersebut dengan mufakat, dalam pembelajaran ini guru menggunakan media kotak kartu misterius untuk mempermudah siswa dalam memahami pelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Mc Taggart dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 2 Troso, dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Pada ini menjadi variabel bebas yakni model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kotak kartu misterius, dan variabel terikat yakni hasil belajar siswa tema 5 Pahlawanku kelas IV SD 2 Troso. Hasil penelitian ini yakni aktivitas belajar siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini ditunjukkan dari kegiatan pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase rata-rata 70% dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh presentase rata-rata 78,5% dengan kriteria baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, hal ini juga ditunjukkan dari kegiatan pengamatan. Pada siklus I memperoleh presentase rata-rata 86,4% dengan kriteria sangat baik, dan pada siklus II memperoleh presentase rata-rata 88,9% dengan kriteria sangat baik. Demikian juga dengan kegiatan pengamatan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari prasiklus hingga siklus II dengan presentase keberhasilan pada prasiklus sebesar 72,5%, pada siklus I meningkat menjadi 82,7%, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,6%. Simpulan penelitian ini yakni model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kotak kartu misterius dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema 5 Pahlawanku muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn di kelas IV SD 2 Troso tahun pelajaran 2018/ 2019. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Peneliti memberi saran kepada guru hendaknya memberikan penjelasan kepada siswa mengenai pembelajaran yang akan berlangsung, untuk siswa hendaknya mengikuti pembelajaran dengan baik dan lebih aktif, agar hasil belajar siswa meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd NIDN : 0718098502 Pembimbing 2 : Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd NIDN : 0617088403
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Media Kotak Kartu Misterius, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 02:56
Last Modified: 20 Aug 2019 02:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item