Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas iv melalui model mind mapping pada tema indahnya kebersamaan sdn 2 sengonbugel

Widayanti, Rindho (2019) Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas iv melalui model mind mapping pada tema indahnya kebersamaan sdn 2 sengonbugel. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (198kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (475kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (22MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatkan hasil belajarsiswa dan keterampilan guru melalui model Mind Mappingpada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia tema Indahnya Kebersamaan kelas IV SDN 2 Sengonbugel. Mind Mappingmerupakan carakreatifbagitiappembelajaruntukmenghasilkangagasan, mencatatapa yang dipelajari, ataumerencanakantugasbaru. Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan hasilbelajar siswa agar dapat mempermudah dan memfokuskan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang khususnya menuntut mereka untuk menghafalkan pembelajaran yang berupa teori, khususnya pada muatan IPS. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melaluimodelMind Mappingpada tema indahnya kebersamaan SDN 2 Sengonbugel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Sengonbugel dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa, terdiri dari 18 siswa putra dan 10 siswa putri. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Mind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasilbelajar siswa pada penelitian siklus I muatan IPS persentase siswa tuntas 60,71% kriteria baik dan siklus IIpersentase siswa tuntas 89,28% kriteria sangat baik, sertajumlah NAKD siklus I sebesar 69,81dengan kriteria baik dan siklus II jumlah NAKD sebesar 77,49 dengan kriteria baik.Siklus I muatan Bahasa Indonesia persentase siswa tuntas 67,85% kriteria baik dan siklus II persentase siswa tuntas 85,71% kriteria sangat baik, serta jumlah NAKD siklus I sebesar 70,09dengan kriteria baik dan siklus II jumlah NAKD sebesar78,35dengan kriteria baik. Keterampilan gurusiklus I sebesar79,79% dengan kriteria baik dan menjadi84,34%dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 Sengonbugel dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Sengonbugel tema 1 Indahnya Kebersamaan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Imaniar Purbasari, S.Pd. M.Pd. NIDN : 0619128801
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Mind Mapping, Tema Indahnya Kebersamaan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 03:02
Last Modified: 20 Aug 2019 03:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item