Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model role playing pada siswa kelas v sd negeri 1 kecapi

Ubaidillah, Ulil Albab (2019) Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model role playing pada siswa kelas v sd negeri 1 kecapi. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (587kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (297kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (390kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (665kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (130kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (119kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing pada siswa kelas V SD 1 Kecapi, (2) menjelaskan aktivitas siswa dalam belajar berbicara dengan menggunakan model Role Playing pada siswa kelas V SD 1 Kecapi, (3) mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Role Playing pada siswa kelas V SD 1 Kecapi. Role Playing dapat dikatakan sama dengan sosiodrama atau bermain peran. Melalui Role Playing siswa dapat memainkan sebuah peran yang terjadi saat ini atau telah terjadi pada masa lampau dengan tujuan memecahkan masalah tertentu. Role Playing merupakan model pembelajaran yang tepat digunakan untuk meningkatkan kterampilan berbicara siswa dalam bermain drama. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan ide, pikiran, gagasan, atau isi hati kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan yang dapat dipahami oleh orang lain. langkah-langkah berbicara yang baik yaitu (1) memilih topik pembicaraan; (2) menentukan tujuan; (3) membatasi pokok pembicaraan; (4) mengumpulkan bahan; dan (5) menyusun kerangka yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan simpulan. Hasi penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model role playing mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70% dengan kriteria baik siklus II memperoleh persentase sebesar 82,5% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran role playing mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh persentase sebesar 58% dengan kriteria cukup. Siklus II memperoleh persentase sebesar 76% dengan kriteria baik. Keterampilan siswa dalam berbicara drama dengan menggunakan model role playing mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 18,9% dan ketuntasan individual sebesar 71%. Siklus II ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 21,5% dan ketuntasan individual sebesar 83%. Peningkatan keterampilan berbicara drama siswa mengalami secara klasikal mengalami kenaikan sebesar 2,6% dan ketuntasan individual sebesar 12%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan siswa dalam berbicara utamanya bermain drama.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Mila Roysa, S.Pd., M.Pd NIDN : 0604038702
Uncontrolled Keywords: Role Playing , Keterampilan Berbicara.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 03:14
Last Modified: 20 Aug 2019 03:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11182

Actions (login required)

View Item View Item