Peningkatan kemampuan berpikir kritis tema 5 ekosistem muatan ppkn dan bahasa indonesia menggunakan model problem based learning berbantuan media Komik pada siswa Kelas v sd

Lestari, Siti (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis tema 5 ekosistem muatan ppkn dan bahasa indonesia menggunakan model problem based learning berbantuan media Komik pada siswa Kelas v sd. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (594kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (233kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (406kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (499kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (120kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (250kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengajar tema 5 ekosistem muatan PPKn dan Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD dengan menerapkan model problem based learning berbantuan media komik.Menganalisis peningkatan aktivitas peserta didik kelas V SD dalam pembelajaran tema 5 ekosistem muatan PPKn dan Bahasa Indonesia menggunakan model problem based learning berbantuan media komik.Menemukan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran tema 5 ekosistem muatan PPKn dan Bahasa Indonesia pada kelas V SD. Kemampuan berpikir kritis peserta didik diartikan sebagai kemampuan yang menuntut keaktifan serta dapat memecahkan sebuah masalah dengan menggunakan pemikiran-pemikiran yang baru dari peserta didik. Problem based learning merupakan model yang berbasis masalah menghadapkan peserta didik dalam permasalahan di dunia nyata secara langsung yang menuntut peserta didik berpikir secara kritis dalam menyelesaikan masalah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) penerapan model problem based learning berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar tema 5 ekosistem muatan PPKn dan bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD, (2) penerapan model problem based learning berbantuan media komik dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tema 5 ekosistem muatan PPKn dan bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD, dan (3) penerapan model problem based learning berbantuan media komik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis tema 5 ekosistem muatan PPKn dan bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD 1 Bulungcangkring. Dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran problem based learning. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupkan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 69% dalam kategori sedang/cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 81% kategori tinggi/baik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I memperoleh persentase keberhasilan 62,5% kategori sedang/cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 81% kategori tinggi/baik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik tema 5 ekosistem muatan PPKn siklus I memperoleh persentase 56% dengan 18 peserta didik yang termasuk kategori kritis, sedangkan untuk muatan bahasa Indonesia memperoleh persentase 66% dengan 21 peserta didik yang termasuk kategori kritis. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk muatan PPKn memperoleh persentase 81% dengan peserta didik yang termasuk kategori kritis yaitu 26, sedangkan untuk muatan bahasa Indonesia meningkat dengan persentase 81% dengan peserta didik yang termasuk kategori kritis yaitu 26. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar, dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tema 5 ekosistem muatan PPKn dan Bahasa Indonesia kelas V SD 1 Bulungcangkring. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Bulungcangkring dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, serta mampu meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tema 5 ekosistem muatan PPKn dan bahasa Indonesia berbantuan media komik pada siswa kelas V SD 1 Bulungcangkring. Saran dalam penelitian ini yakni guru hendaknya menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media komik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd NIDN : 0007126601 Pembimbing 2 : Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd NIDN : 0614069001
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Aktivitas Peserta Didik, Keterampilan Guru, Problem Based Learning, Komik, Tema 5 Ekosistem Muatan PPKn dan Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 03:27
Last Modified: 20 Aug 2019 03:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item