Peningkatan berpikir kritis siswa dengan model group investigation berbantuan media picture ilustration di kelas v sd pelemgede 03 pada tema 3 makanan sehat

Utama, Deska Putra (2019) Peningkatan berpikir kritis siswa dengan model group investigation berbantuan media picture ilustration di kelas v sd pelemgede 03 pada tema 3 makanan sehat. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (716kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (162kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (333kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (569kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (156kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (62kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan guru, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, dan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media picture ilustration pada tema 3 makanan sehat kelas V SD Pelemgede 03 tahun ajaran 2018. Berpikir kritis merupakan suatu kegiatan melalui cara berpikir tentang ide atau gagasan yang berhubungan dengan konsep yang diberikan atau masalah yang dipaparkan. Group Investigation merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menemukan sendiri jawaban atas permasalahan yang diteliti. Permasalahan tersebut akan dilakukan suatu penyelidikan untuk mendapatkan jawaban. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media picture ilustration pada tema 3 makanan sehat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Pelemgede 03 dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran group investigation. Variabel terikat pada penelitian ini adalah berpikir kritis. Teknik pengumpulan dara menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan penerapan model Group Investigation pada pembelajaran muatan PPKn dan IPS menunjukan adanya peningkatan nilai keterampilan guru pada siklus I 65,6 (Cukup) dan Siklus II 84,4 (Baik). Aktifitas belajar siswa ranah afektif juga menunjukan peningkatan antara siklus I 60% (Cukup) dan siklus II 78% (Baik). Kemampuan berpikir kritis siswa yang pada prasiklus hanya memperoleh nilai rata-rata 62,4 dengan dengan ketuntasan belajar secara klasikal adalah 43%, pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 72 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 57%, dan pada siklus II kembali meningkat mencapai nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar secara klasikal adalah 85,7%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Pelemgede 03 meningkat setelah diterapkannya model Group Investigation. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat menerapkan model-model pembelajaran yang bervariatif dalam mengajar

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ika Ari Pratiwi, M.Pd NIDN : 0607018801 Pembimbing 2 :Santoso, M.Pd NIDN : 0608038502
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, model pembelajaran group investigation, media picture ilustration
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 20 Aug 2019 03:33
Last Modified: 20 Aug 2019 03:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11190

Actions (login required)

View Item View Item