Peningkatan sikap sopan santun dalam kehidupan lingkup sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di sma negeri 2 kudus

PUTRA, DEVANGGA RAHMADITYA (2018) Peningkatan sikap sopan santun dalam kehidupan lingkup sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di sma negeri 2 kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (138kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (214kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (357kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (513kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (719kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (183kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan sikap sopan santun dalam kehidupan lingkup sekolah pada siswa kelas X IPS 1 SMA N 2 Kudus. 2) Mendisripsikan pelaksanaan meningkatkan sikap sopan santun dalam kehidupan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk menangani sikap sopan santun dalam kehidupan lingkup sekolah pada siswa kelas X IPS 1 SMA N 2 Kudus. Sopan santun merupakan perwujudan bukti pekerti luhur yang diperoleh melalui pengalaman, pendidikan, dan teladan dari orang tua guru, para pemuka agama, serta tokoh masyarakat. Sopan santun merupakan tata karma dalam kehidupan sehari-hari sebagai cerminan kepribadian dan bukti pekerti luhur yang di dalam islam lebih dikenal dengan konsep akhlak. Untuk siswa dalam mengatasi rendahnya sikap sopan santun maka peneliti berupaya menerapkan Layanan Bimbingan dan Konseling Teknik Role Playing. Layanan Bimbingan kelompok merupakan salah satu teknik bimbingan yang berusaha membantu individu agar dapat mencapai perkembangannya secara optimal sesuai dengan kemampuan, bakat, minat, serta nilai-nilai yang dianutnya dan dilaksanakan dalam situasi kelompok. role playing (bermain peran) merupakan permainan dalam bentuk dramatisir sekelompok siswa dalam melaksanakan kegiatan tertentu yang telah diarahkan guru. Simulasi ini menitik beratkan pada tujuan untuk mengingatkan atau menciptakan kembali gambaran masa silam yang memungkinkan terjadi pada masa yang akan datang, peristiwa tersebut bermakna bagi kehidupan sekarang. Penelitian ini menggunakan jenis layanan bimbingan kelompok yang akan dilaksanakan di SMA N 2 Kudus dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS 1 SMA N 2 Kudus yang mengalami rendahnya sikap sopan santun dalam kehidupan lingkup sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi sebagai metode pokok, serta metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian pra siklus sikap sopan santun dala kehidupanmenunjukkan persentase 40% dalam kategori sangat kurang (SK). Siklus I pertemuan 1 persentase 47,3% dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan 2 persentase 50%dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan 3 persentase 55% dalam kategori cukup (C), siklus II pertemuan 1 persentase 58% dalam kategori baik (B), siklus II pertemuan 2 persentase 74% dalam kategori sangat baik (SB), siklus II pertemuan 3 persentase 86% dalam kategori sangat baik (SB). Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan sikap sopan santun dalam kehidupan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing diperoleh dari 8 siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II memperlihatkan bahwa mengalami peningkatan. Jadi peningkatan peningkatan sikap sopan santun dalam kehidupan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing40% dari 54% menjadi 83%. Dengan demikian penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat disimpulkan bahwa hipotesis siswa yang menyatakan “Peningkatan Sikap Sopan Santun dalam Kehidupan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Di SMA Negeri 2Kudus”. Dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons NIDN : 0629086302
Uncontrolled Keywords: Sikap Sopan Santun, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Aug 2019 01:44
Last Modified: 21 Aug 2019 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item