Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan penguasaan konten berbasis audiovisual pada siswa kelas xi ips 1 sma n 1 jekulo kudustahun pelajaran 2018/2019

ROFI'AH, SIRROTUR (2018) Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan penguasaan konten berbasis audiovisual pada siswa kelas xi ips 1 sma n 1 jekulo kudustahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (704kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (240kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Motivasi merupakan suatu dorongan baik diakibatkan faktor dari dalam maupun dari luar siswa dalam bentuk aktivis nyata untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi/memuaskan suatu kebutuhan yang berhubungan dengan kebutuhan untuk pelajaran. Pemakaian media dalam proses belajar mengajar juga dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru bagi siswa, membangkitkan motivasi belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan penguasaan konten berbasis audiovisual pada kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jekulo Kudus. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui penerapan layanan penguasaan konten berbasis audiovisual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jekulo Kudus, 2. Diperolehnya peningkatan motivasi belajar kearah yang lebih baik sesudah diberikan layanan penguasaan konten berbasis audiovisual pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 20 siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga tertemuan dan setiap satu pertemuan membahasan satu materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil pra siklus mendapat kategori kurang dengan skor 10-17. Setelah diberikan layanan penguasaan konten berbasis audiovisual pada siklus I motivasi belajar siswa mengalami peningkatan cukup baik dengan hasil tingkatan skor 27-43. Kemudian pada siklus II motivasi belajar siswa terus meningkat menjadi baik dengan tingkatan skor 38-41. Hasil observasi pada indikator high touch di siklus I ini memperoleh hasil rata-rata 60%, dan pada indikator high tech memperoleh rata-rata 60,3%. Pada siklus II indikator high touch memperoleh hasil rata-rata 80,3%, ada peningkatan sebesar 17% pada siklus I. Dan siklus II pada indikator high tech memperoleh hasil rata-rata 82,6% terjadi peningkatan sebesar 22,3% dari siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten berbasis audiovisual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian tersebut menunjukkan layanan penguasaan konten berbasis audiovisual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jekulo Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah diuji kebenarannya. Melihat temuan lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah, diharapkan bahan pertimbangan dan masukkan dalam memberikan kebijakan pada guru saat proses pembelajaran agar membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 2. Guru pembimbing, hendaknya mampu membimbing siswa agar mau dan senang dalam belajar 3. Kepada siswa, hendaknya dilatih untuk membangun kesadaran siswa dalam belajar. 4. Bagi orang tua, diharapkan orang tua juga dapat berperan aktif dalam memantau belajar anak-ananknya ketika berada dirumah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Indah Lestari, S.Pd., M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa.Layanan Penguasaan Konten Berbasis Audiovisual
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Aug 2019 02:28
Last Modified: 21 Aug 2019 02:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item