Mereduksi perilaku anti sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas xii sman 1 jekulo kudus

HARDIANTI, NOVA (2018) Mereduksi perilaku anti sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas xii sman 1 jekulo kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (563kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (271kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (401kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (839kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (909kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (239kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi untuk Mereduksi Perilaku Anti Sosial Siswa Kelas XII SMAN 1 Jekuli Kudus, 2. Dapat direduksinya Perilaku Anti Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Jekulo Kudus. Perilaku anti sosial merupakan perilaku yang menarik diri dari kegiatan- kegiatan sosial di lingkungan sekitarnya dan cenderung menyendiri. Untuk mewujudkan pemahaman mengenai perilaku anti sosial peneliti berupaya untuk mereduksi perilaku anti sosial siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi. Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan. 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dialkukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi , wawancara dan dokumentasi. Analisis yang data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: Pra siklus skor rata-rata 13,4 (26,7%) dengan kategori (Sangat Kurang). Siklus I pertemuan pertama siswa memperoleh skor 18 (36%) masuk kategori (Kurang) dengan keterangan 6 siswa kategori (Kurang) dan 2 siswa kategori (Sangat Kurang). Pertemuan kedua siswa memperoleh skor 23 (46%) masuk kategori (Kurang) dengan keterangan 5 siswa kategori (Kurang) dan 3 siswa kategori (Cukup), pertemuan ketiga siswa memperoleh skor 26,5 (53%) masuk kategori (Cukup) dengan keterangan 6 siswa kategori (Cukup) dan 2 siswa kategori (Kurang). Siklus II pertemuan pertama siswa memperoleh skor 29,2 (58,5%) masuk kategori (Cukup) dengan keterangan 8 siswa kategori (Cukup). Pertemuan kedua siswa memperoleh skor 35 (70%) masuk kategori (Baik) dengan keterangan 7 siswa kategori (Baik) dan 1 siswa kategori (Cukup). Pertemuan ketiga siswa memperoleh skor 39,5 (79%) masuk kategori (Baik) dengan keterangan 6 siswa kategori (Baik) dan 2 siswa kategori (Sangat Baik). Berdasarkan hasi; penelitian di atas, peneliti menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: 1. Aktivitas peneliti dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siklus I memperoleh skor 59% dengan kategori (Cukup). Pada siklus II memperoleh skor 74% dengan kategori (Baik). Jadi hipotesis yang menyatakan “Layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat mereduksi perilaku anti sosial siswa kelas XII SMA N 1 Jekulo Kudus” dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. 2. Tereduksinya perilaku anti sosial siklus I memperoeh skor 45% dengan kategori (Kurang), dan pada siklus II memperoleh skor 69,1% dengan kategori (Baik). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan bimbingan dengan teknik permainan simulasi dapat mereduksi perilaku anti sosial siswa, dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Saran peneliti yang peneliti sampakan antara lain: 1. Kepala sekolah: diharapkan dukungan dan support kepada guru bimbingan dan konseling di SMA N 1 Jekulo Kudus dalam melaksanakan tugas program bimbingan dan konseling. Serta menciptakan iklim yang kondusif bagi semusa siswa untuk berinteraksi. 2. Guru bimbingan dan konseling: diharapkan memperhatikan hubungan antar pribadi yang terjalin antar siswa disekolah, serta menerapkan bimbingan dan konseling kelompok atau teknik permainan simulasi dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling yang telah disusun di sekolah. 3. Siswa: Hendaknya membuang perasaan takut, minder dan tidak percaya diri yang akhirnya akan menyebabkan kesulitan dalam bergaul. 4. Peneliti selanjutnya: diharapkan mempraktikkan teori-teori layanan-layanan bimbingan dan konseling untuk siswa yang lebih inovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Perilaku Anti Sosial, Bimbingan Kelompok, Teknik Permainan Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Aug 2019 03:18
Last Modified: 21 Aug 2019 03:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11227

Actions (login required)

View Item View Item