Penerapan konseling islami dalam membentuk kedisiplinan shalat fardlu siswa kelas v mi nu baitul mukminin getas pejaten jati kudus tahun ajaran 2017/2018

AFTONI, AHMAD RIZZA (2018) Penerapan konseling islami dalam membentuk kedisiplinan shalat fardlu siswa kelas v mi nu baitul mukminin getas pejaten jati kudus tahun ajaran 2017/2018. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman Judul-converted.pdf - Accepted Version

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran-converted.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa kelas V yang tidak disiplin dalam melaksanakan shalat fardlu. Pelajaran tentang shalat sudah dikenalkan kepada siswa mulai dari kelas satu, bahkan di kelas tiga siswa diajarkan untuk disiplin dalam melaksanakan shalat dengan mengadakan kegiatan shalat dzuhur berjamaah disekolah. Akan tetapi dalam pelaksanaanya masih sering dijumpai banyak siswa yang tidak disiplin dalam mengikuti kegiatan shalat dzuhur berjamaah disekolah dan dalam melaksanakan shalat fardlu. Anak yang tidak disiplin dalam melaksanakan shalat fardlu cenderung tidak disiplin juga dalam kehidupan sehari-harinya. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan konseling islami untuk membentuk kedisiplinan anak dalam melaksanakan shalat fardlu. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini (1) Faktor apakah yang mempengaruhi kedisiplinan shalat fardlu siswa MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus? (2) Bagaimana penerapan konseling islami dalam membentuk kedisiplinan shalat fardlu siswa MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus?. Konseling Islami adalah suatu proses pemberian bantuan secara terus menerus dan sistematis terhadap individu atau sekelompok orang yang sedang mengalami kesulitan lahir dan batin untuk dapat memahami dirinya dan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya, sehingga dapat hidup secara harmonis sesuai dengan ketentuan dan petunjuk Allah dan Rasul-Nya demi tercapainya kebahagian dunia dan akhirat. Kedisiplinan merupakan kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan dan tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada hatinya. Shalat fardlu yaitu shalat yang telah diwajibkan bagi orang muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Baitul Mukminin dengan inisial FAP dan SP yang memiliki permasalahan kurang disiplin dalam melaksanakan shalat fardlu. Analis data yang dilakukan yaitu dengan cara mendeskripsikan hasil observasi dan wawancara antara peneliti dengan informan tentang masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa fakor yang mempengaruhi ketidak disiplinan konseli dalam melaksanakan shalat fardlu, diantaranya: faktor intrinsik yaitu kurangnya minat serta motivasi dari dalam diri individu dan faktor eksterinsik yang terdiri atas lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, teman sebaya yang tidak memberikan keteladanan, membentuk lingkungan disiplin dan mendukung untuk latihan disiplin. Penerapan konseling islami terdiri dari tiga tahap diantaranya (1) meyakinkan individu. (2) mendorong dan membantu individu memahami dan mengamalkan ajaran agama secara benar. (3) Mendorong dan membantu individu memahami dan mengamalkan iman, islam dan ikhsan. Hasil dari penerapan konseling islami menunjukan bahwa konseli telah mengalami perubahan sikap yang semula konseli menunjukan perilaku kurang disiplin dalam melaksanakan shalat fardlu khususnya shalat dzhur berjamah di sekolah, menjadi disiplin mengikuti shalat dzuhur berjamaah disekolah dan disiplin melaksanaakan shalat fardlu. Selain itu konseli juga menunjukan perubahan sikap menjadi lebih disiplin dalam menaati peraturan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 : Indah Lestari, S.Pd., M.Pd., Kons
Kata Kunci: Konseling Islami, Kedisiplinan, Shalat Fardlu.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:55
Last Modified: 21 Aug 2019 03:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11234

Actions (login required)

View Item View Item