Penerapan konseling rational emotive behaviour therapy (rebt) terhadap siswa kelas x yang mengalami perilaku menyontek di sma negeri 1 nalumsari jepara

HASANAH, USWATUN (2018) Penerapan konseling rational emotive behaviour therapy (rebt) terhadap siswa kelas x yang mengalami perilaku menyontek di sma negeri 1 nalumsari jepara. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (666kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (299kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (733kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (492kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (529kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (181kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (275kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Perilaku mencontek siswa telah menjadi hal yang biasa untuk dilakukan dan hampir di semua tingkatan pendidikan tidak terkecuali pada jenjang pendidikan menengah. Perilaku mencontek yang dilakukan dalam proses pembelajaran di sekolah menengah atas merupakan sebagai upaya siswa mendapatkan hasil yang diinginkan melalui cara-cara yang dilarang atau tidak sah. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, terdapat kecenderungan melakukan perilaku mencontek dalam berbagai pengerjaan tugas maupun pelaksanaan ujian yang dilakukan oleh siswa kelas X SMAN 1 Nalumsari Jepara yang disebabkan oleh berbagai faktor. Dalam layanan bimbingan dan konseling terdapat layanan konseling kelompok rational emotive behavior, salah satu bentuk layanan dalam bimbingan dan konseling yang sangat efektif untuk membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh beberapa siswa atau anggota kelompok yang memiliki masalah disebabkan oleh persepsi kognitif irasional. Tujuan penelitian ini adalah 1. mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa Siswa Kelas X SMA NEGERI NALUMSARI Jepara melakukan perilaku mencontek, 2. mengetahui dampak pelayanan konseling REBT dalam mengatasi perilaku mencontek siswa Siswa Kelas X SMA NEGERI NALUMSARI Jepara Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Sampel sebanyak 3 siswa (MJF, IDN, dan AWP) ketiga siswa ini terindikasi sering melakukan perilaku mencontek di kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian ini menunjukan penyebab MJF, IDN, dan AWP melakukan perilaku mencontek disebabkan: klien MJFmerasa dirinya kurang mampu dan kurang percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Klien IDN merasakan karakteristik tugas yang menurut IDN sulit untuk dikerjakan, selain itu juga karena IDN sering merasa mudah lelah ketika pulang sekolah sehingga malas untuk mengulas pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya di sekolah, dan AWP memiliki kontrol diri yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan konseling rational emotive behaviour therapy (REBT). Dari hasil konseling ketiga siswa tersebut dapat melakukan perubahan tingkah laku dan menghilangkan kebiasaan mencontek. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa tingkat keberhasilan teknik rational emotive behaviour therapy (REBT) efektif digunakan untuk menghilangkan perilaku menyontek yang dilakukan oleh siswa kelas X yang mengalami perilaku Menyontek di SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara. Hal ini dibuktikan adanya perubahan pola pikir maupun perasaan dan tingkah laku dari konseli. Konseli mampu menghilangkan kebiasaan menyontek, selain itu terjadi perubahan pola pikir maupun perasaan dan perilaku siswa. Peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya, Untuk pengembangan penelitian selanjutnya, maka bagi peneliti nantinya dalam upaya mengatasi masalah perilaku menyontek hendaknya lebih memahami kondisi konseli dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dialami oleh konseli dan menggunakan berbagai teknik lebih bervariatif sesuai permasalahan yang dialami oleh konseli.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Perilaku Mencontek, Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Aug 2019 04:02
Last Modified: 21 Aug 2019 04:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11236

Actions (login required)

View Item View Item