Peningkatan kedisiplinan berseragammelalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas x gambar bangunan 2 smk negeri 2 pati

DARMAYANTI, IKA (2018) Peningkatan kedisiplinan berseragammelalui layanan bimbingan kelompok teknik live model pada siswa kelas x gambar bangunan 2 smk negeri 2 pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (8MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (380kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk meningkatkan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati sebelum dan setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live model. Kedisiplinan berseragam merupakan kondisi siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pati yang selalu mengenakan seragam dan atribut sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh SMK Negeri 2 Pati. Penggunaan seragam dan atribut yang sesuai yaitu pada hari Senin-Selasa; mengenakan seragam OSIS, Rabu menggunakan seragam hitam sebagai seragam identitas SMK Negeri 2 Pati dan Kamis menggunakan seragam Pramuka. Hari Jum’at menggunakan seragam batik. Layanan bimbingan kelompok teknik live model merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang membantu siswa (anggota kelompok) dalam pencegahan masalah, pemeliharaan nilai-nilai atau pengembangan keterampilan hidup yang dibutuhkan, dalam hal ini adalah kedisiplinan berseragam. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X Gambar Bangunan SMK 2 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixedmethoddengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian diketahui kedisiplinan berseragam pada pra siklus sebesar 19,11 (38%) kategori (kurang). Setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik live modelpadasiklus I kedisiplinan berseragam meningkat, diketahui pada pertemuan pertama diperoleh skor 22,44 (45%) kategori (kurang), pertemuan kedua memperoleh skor 25,11 (50%) kategori Cukup), pertemuan ketiga diketahui memperoleh skor 27,44 (55%) kategori (Cukup). Siklus II pertemuan pertama kedisiplinan berseragam diketahui memperoleh skor 31,89 (64%) kategori (cukup), pertemuan kedua diketahui memperoleh skor 35,67 (71%) kategori (baik), pertemuan ketiga diketahui memperoleh skor 39,56 (79%) kategori (baik). Kesimpulan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu: 1. Peneliti berhasil menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik live model untuk meningkatkan kedisiplinan berseragam pada siswa kelas X Gambar Bangunan 2 SMK 2 Pati. Hal tersebut berdasarkan hasil pengamatan kolaboraotr pada siklus I peneliti mendapatkan skor 57% kategori (Cukup), pada siklus II penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model mendapatkan skor 86% kategori (Sangat Baik). 2. Kedisiplinan berseragam siswa kelas X Gambar Bangunan 2 SMK 2 Pati diketahui telah meningkat. Hal tersebut diketahui dari pengamatan peneliti pada pra siklus siswa memperoleh skor 36% kategori (Kurang), pada siklus I meningkat menjadi 55% kategori (Cukup), pada siklus II meningkat menjadi 79% kategori (Baik). Saran yang disampaikan peneliti kepada pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Siswa: Siswa hendaknya mengenakan seragam sekolah yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan baik dan rapi. Karena dengan mengenakan seragam sekolah dengan baik dan rapi maka mencerminkan penanaman karakter yang baik pada setiap siswa. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling hendaknya menggunakan hasil penelitian sebagai acuan dalam penerapan layanan bimbingan kelompok teknik live model dalam membantu mengentaskan permasalahan siswa di SMK Negeri 2 Pati. Khusunya dalam membantu siswa yang belum mampu disiplin dalam berbagai aspek. 3. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 2 Pati. Agar perkembangan peserta didik dapat diarahkan menjadi lebih baik lagi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd Pembimbing 2 : Indah Lestari, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan dalam Berseragam. Bimbingan Kelompok, Live Model
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Aug 2019 04:24
Last Modified: 21 Aug 2019 04:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11240

Actions (login required)

View Item View Item