Amriya, Yassirliy (2019) Penerapan model think pair share berbantuan media puzzle untuk peningkatan berpikir kritis siswa sd kelas v sdn 2 sengon bugel jepara. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (684kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (142kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (117kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) berbantuan media Puzzle untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Model TPS merupakan model yang jelas dalam pelaksanaan pembelajarannya sehingga mampu membuat berpikir kritis siswa meningkat melalui langkah pembelajarannya yakni tahap think (berpikir), pair (berpasangan), dan share (berbagi). Berpikir kritis merupakan pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau dilakukan. Puzzle merupakan permainan konstruksi melalui kegiatan memasang atau menjodohkan kotak-kotak atau bangun-bangun tertentu yang dapat meningkatkan keterampilan kognitif siswa, melatih keterampilan nalar, dan keterampilan sosial siswa. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni dengan diterapkannya model TPS dapat meningkatkan berpikir kritis siswa, akivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Sengon Bugel dengan subjek penelitian 27 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini yakni berpikir kritis, keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini yakni model TPS berbantuan media puzzle. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni pedoman wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif, dan analisis data kualitatif. Kemampuan berpikir kritis pada penelitian siklus I muatan IPA dan Bahasa Indonesia memperoleh persentase sebesar 71,42% dengan kriteria cukup dan siklus II persentase siswa tuntas 80,55% dengan kriteria baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 73,43% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,5% dengan kriteria baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 72% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 86,87% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas V SDN 2 Sengon Bugel dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd NIDN : 0607016201 Pembimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd NIDN : 0615129001 |
Kata Kunci: | Think pair share, Berpikir Kritis, Media Puzzle |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 01:37 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 01:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11243 |
Actions (login required)
View Item |