Peningkatan kecerdasan visual-spasial siswa melalui model tgt berbantuan media puzzle vispa tema Sehat itu penting untuk kelas v Sd 2 pasuruhan lor

Maulidatun, Amalia Istifada (2019) Peningkatan kecerdasan visual-spasial siswa melalui model tgt berbantuan media puzzle vispa tema Sehat itu penting untuk kelas v Sd 2 pasuruhan lor. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (249kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (510kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (517kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (226kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan guru, kecerdasan visual-spasial, aktivitas belajar siswa melalui model TGT pada tema sehat itu penting kelas V SD 2 pasuruhan Lor. Model TGT adalah model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa dalam tanpa ada perbedaan di mana dalam model pembelajan ini mengandung unsur permainan. Media puzzle vispa merupakan jenis permainan berupa potongan-potongan gambar yang bisa disusun menjadi gambar yang utuh. Kecerdasan visual-spasial merupakan kemampuan mempresepsi menangkap dan memahami sesuatu melalui panca indra dengan mata serta mengalih bentukkan hal yang ditangkap mata ke dalam bentuk wujud seperti melihat, mencermati, merekam. Aktivitas siswa merupakan kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi guru dan siswa untuk mencapai tujuan belajar. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 2 Pasuruhan Lor dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model TGT dan media puzzle vispa. Sedangkan variabel terikat adalah kecerdasan visual-spasial. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, peningkatan kecerdasan visual-spasial siswa, dan peningkatan aktivitas belajar siswa. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata keberhasilan 75%, pada siklus II sebesar 98%. Kecerdasan visual-spasial pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 74%. Pada siklus II meningkat dengan memperoleh rata-rata sebesar 83%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 52% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa kecerdasan visual-spasial dapat ditingkatkan melalui TGT berbantuan media puzzle vispa pada tema sehat itu penting kelas V SD 2 Pasuruhan Lor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SD 2 Pasuruhan Lor dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran(TGT) berbantuan media puzzle vispa dapat meningkatkan keterampilan guru, kecerdasan visual-spasial siswa, dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajara

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ristiyani, S.Pd., M.Pd NIDN : 0615068604 Pembimbing 2 : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd NIDN : 0619128801
Uncontrolled Keywords: Model TGT, media puzzle vispa, kecerdasan visual-spasial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 22 Aug 2019 01:48
Last Modified: 22 Aug 2019 01:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item