Penerapan model problem based learning berbantuan media problem card untuk meningkatan kemampuan berpikir logis siswa pada tema 4 kelas iv di Sd 1 gulang kudus

Saidah, Nurus (2019) Penerapan model problem based learning berbantuan media problem card untuk meningkatan kemampuan berpikir logis siswa pada tema 4 kelas iv di Sd 1 gulang kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal judul.pdf - Accepted Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir logis siswa, akivitas belajar siswa dan keterampilan guru melalui model PBL berbantuan media problem card pada tema 4 kelas IV SD 1 Gulang Kudus. Kemampuan berpikir logis merupakan kemampuan berpikir secara runtut dan masuk akal yang berdasarkan fakta. PBL merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran melalui kegiatan pemecahan masalah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media problem card dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa pada tema 4 kelas IV SD 1 Gulang Kudus. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gulang Kudus dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini yaitu kemampuan berpikir logis siswa, sedangkan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran PBL dan media problem card. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian terdiri atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir logis siswa, peningkatan aktivitas belajar dan peningkatan keterampilan guru. Kemampuan berpikir logis siswa siklus I memperoleh nilai rata- rata sebesar 73,37. Pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai rata- rata sebesar 82,41. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai rata- rata 71,79 pada siklus I menjadi 82,57 pada siklus II. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan nilai 73,43 pada siklus I menjadi 79,16 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir logis siswa dapat ditingkatkan melalui PBL berbantuan media problem card pada tema 4 kelas IV SD 1 Gulang Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Gulang Kudus, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa dapat meningkat melalui model PBL berbantuan media problem card pada tema 4 kelas IV SD 1 Gulang Kudus. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan media problem card, guru lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd NIDN : 0616098701 Pembimbing 2 : Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd NIDN : 0718098502
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Logis, PBL , Media Problem Card
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Aug 2019 02:06
Last Modified: 22 Aug 2019 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item