Upaya meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model time token berbantuan kartu misteri pada tema kayanya negeriku kelas iv sd negeri 1 kendengsidialit

Bahtiar, Panji (2019) Upaya meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model time token berbantuan kartu misteri pada tema kayanya negeriku kelas iv sd negeri 1 kendengsidialit. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (209kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (336kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (439kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (27kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan aktivitas siswa dan menemukan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Time Token berbantuan kartu misteri pada tema kayanya negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Model Time Token adalah model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa yang menuntut semua siswa untuk aktif dan berkontribusi dalam proses pembelajaran. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa baik sikap, pengetahuan dan keterampilan yang semuanya diperoleh melalui proses belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa dan peningkatan keterampilan guru melalui model time token berbantuan kartu misteri. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Kendengsidialit dengan subjek penelitia 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran time token. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar ranah pengetahuan rata-rata dari kedua muatan ketuntasan klasikal 69,5% (tinggi) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,1 pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 86,9% (sangat tinggi) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83. Hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76,6% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,1% (sangat baik). Hasil belajar ranah keterampilan NAKD rata-rata kedua muatan pada siklus I sebesar 75,5% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,5% (sangat baik). Keterampilan guru siklus I sebesar 82,5% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,75% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model time token berbantuan kartu misteri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV SD Negeri 1 kendengsidialit. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model time token berbantuan kartu misteri sebagai soulsi untuk meningkatkan hasil belajar

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Erik Aditia Ismaya. S.Pd, M.A NIDN : 0623038604
Uncontrolled Keywords: Time Token, Hasil Belajar, Tema Kayanya Negeriku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 22 Aug 2019 02:20
Last Modified: 22 Aug 2019 02:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item