Penerapan model group investigation berbantuanmediapohon pintar untuk meningkatkan Kreativitas siswa tema 5 pahlawanku Kelas iv sd 2kedungdowo

MUNA, NAILIL (2019) Penerapan model group investigation berbantuanmediapohon pintar untuk meningkatkan Kreativitas siswa tema 5 pahlawanku Kelas iv sd 2kedungdowo. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (356kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (562kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (764kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (373kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (325kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kreativitas siswa melalui model pembelajaran Group Investigation berbantuan media pohon pintar materi pengamalan sila Pancasila pada pembelajaran PPKn sedang materi cerita nonfiksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di tema 5 pahlawanku kelas IV SD 2 Kedungdowo.Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa pendapat, ide-ide yang menghasilkan nilai tambah. Penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan pada kelas IV SD 2 Kedungdowo dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Group Investigation dan media pohon pintar. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian, pedoman wawancara, lembar pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa (ranah kognitif) pada siklus I sebesar 75% untuk mata pelajaran PPKn sedangkan untuk mapel Bahasa Indonesia sebesar 81% terjadi peningkatan di siklus II sebesar 88% untuk mata pelajaran PPKn sedangkan untuk mapel Bahasa Indonesia sebesar 88%. Kreativitas siswa terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus I sebesar 67,81% dengan kriteria baik mengalami peningkatan menjadi 80,57% dengan kriteria baik pada siklus II. Produk kreativitas siswa juga terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus I sebesar 69,13% dengan kriteria baik mengalami peningkatan menjadi 80,33% dengan kriteria baik pada siklus II. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77% dengan kategori baik mengalami peningkatan menjadi 85% dengan kategori sangat baik pada siklus II

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd NIDN : 0617088403 Pembimbing 2 : Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd NIDN : 0607018801
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Group Investigation, Media pohon pintar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 22 Aug 2019 02:41
Last Modified: 22 Aug 2019 02:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11252

Actions (login required)

View Item View Item