Penerapan model mind mapping berbantuan media flashcard untuk meningkatkan pemahaman Konsep tema kayanya negeriku Kelas iv sd 1 menawan

WILISTYANINGSTANI, AKHINATUZ (2019) Penerapan model mind mapping berbantuan media flashcard untuk meningkatkan pemahaman Konsep tema kayanya negeriku Kelas iv sd 1 menawan. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Skripsi Penuh-1-18.pdf - Accepted Version

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan pemahaman konsep, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar guru pada tema kayanya negeriku muatan IPS dan IPA kelas IV SD 1 Menawan dengan penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media flashcard. Model mind mapping merupakan cara kreatif siswauntuk menghasilkan ide atau gagasan, mencatat apa yang telah dipelajari sehinggamemungkinkan siswa menyimpan suatu informasi untuk mempelajari suatu konsep. Media flashcard adalah media yang dapat menarik perhatian siswa berbentuk kartu pertanyaan untuk membantu siswa mengingat, memahami dan mengkaji ulang materi yang dipelajari. Melaluimodel mind mappingberbantuan media flashcard dapatmeningkatkan penguasaan konsep pembelajaran, karena pemahaman konsep merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengungkapkan, menafsirkan, mengartikan, menerjemahkan kembali informasi yang telah diperolehnya dengan caranya sendiri secara lisan maupun tulisan. Penelitian tindakan kelas ini berpedoman pada model dari Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 4 komponen meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 1 Menawan yang berjumlah 32siswa. Penelitian ini berlangsung sebanyak 2 siklus, yang terdiri 3 pertemuan setiap siklusnya. Variabel bebas adalah model mind mapping berbantuan media flashcard, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep tema kayanya negeriku. Instrumen penelitian inimeliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar (68,65%) dengan muatan IPS (73,38%) dan muatan IPA (61,51%), pada siklus II meningkat sebesar (79,32%)dengan muatan IPS (80,71%) dan muatan IPA (78,03%). Aktivitas belajar siswa pada siklus I, 62,91% (cukup)dan siklus II mencapai 80,01%(baik). Terjadi peningkatan pada keterampilan mengajar guru dari siklus I, 75%(baik) dan siklus II menjadi 88,25%(sangat baik) Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Menawan dapat disimpulkan bahwa melalui model mind mapping berbantuan media flashcard dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada tema kayanya negeriku. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model mind mapping berbantuan media flashcard, guru hendaknya memberi pertanyaan dan contoh yang dapat meningkatkan pemahaman agar siswa dapat mengembangkan daya pikirnya

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd NIDN : 0631108401 Pembimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd NIDN : 0615129001
Kata Kunci: Mind Maping, Flashcard, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:05
Last Modified: 22 Aug 2019 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item