Peningkatan hasil belajar melalui model example no example berbantuan media poster tema peduli terhadap makhluk hidup kelas iv sd it al-akhyar kudus

ROZI, SHOFI FAHRUR (2019) Peningkatan hasil belajar melalui model example no example berbantuan media poster tema peduli terhadap makhluk hidup kelas iv sd it al-akhyar kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (520kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (278kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (500kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (249kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar melalui model Example Non Example berbantuan media poster dalam tema peduli terhadap makhluk hidup pada siswa kelas IV SD IT Al-Akhyar. Hasil belajar adalah perubahan pengetahuan dan keterampilan siswa setelah mengalami proses belajar. Example Non Example adalah metode belajar yang menggunakan comtoh-contoh. Poster yaitu sajian kombinasi visual yang jelas dan mencolok dengan maksud menarik perhatian.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Penggunaan model Example Non Example berbantuan media poster akan meningkat ketrampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan keterampilan tema peduliterhadap makhluk hidup pada siswa kelas IV SD IT Al-Akhyar. Subjek dari penelitian ini siswa kelas IV SD IT Al-Akhyar berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan yang menggunakan disain PTK Model Kemmis dan Mc Taggartendengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan. Pada siklus I aspek pengetahuan IPS memperoleh nilai 77 (cukup) dan siklus II memperoleh 87 (sangat Baik). Pada siklus I Bahasa Indonesia aspek pengetahuan memperoleh 75 (cukup) dan siklus II memperoleh 79 (baik). Pada siklus I aspek keterampilan IPS memperoleh nilai 78 (cukup) dan siklus II memperoleh 84 (sangat baik). Pada siklus I aspek keterampilan Bahasa Indonesia memperoleh nilai 71 (cukup) dan siklus II memperoleh 80 (cukup). Pengelolaan pembelajaran model Example No Examplemengalami peningakatn pada siklus I sebesar 61 (cukup baik) dan pada siklus II sebesar 83 (sangat baik). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Example No Example dapat meningkatkan hasil belajar tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD IT Al-Akhyar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD IT Al-Akhyar dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Example No Example berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD IT Al-Akhyar. Untuk itu disarankan dalam penggunaan model Example No Example guru memberikan kesempatan kepada siswa dalam memecahkan masalah supaya dapat mengembangkan daya pikir dan kreatifitas siswa

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd NIDN : 0607036901 Pembimbing 2 : Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd NIDN : 0631108401
Uncontrolled Keywords: Example Non Example, Poster, Hasil Belajar, Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 22 Aug 2019 03:11
Last Modified: 22 Aug 2019 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11255

Actions (login required)

View Item View Item