Nugraheni, Dian Fadlia (2018) Peningkatan pemahaman konsep melalui model think pair share berbantuan videoscribe pada tema 9 Kayanya negeriku siswa kelas iv sd 1 pladen. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (419kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (218kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (120kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
SKRIPSI PENUH (1)-210-421.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (25MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep dengan menerapkan model Think Pair Share berbantaun Videoscribe pada Tema 9 Kayanya Negeriku Siswa Kelas IV SD 1 Pladen. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan dapat memberi siswa lebih banyak waktu untuk berpikir, merespons dan saling membantu. Media Videoscribe merupakan suatu media jenis audiovisual yang penyampaian materi dengan menggunakan sebuah software yang bisa digunakan dalam membuat design animasi berlatar putih dengan tampilan yang menarik dengan adanya kalimat disertasi gambar dan suara. Pemahaman konsep merupakan pembelajaran kelanjutan dari penanaman konsep yang bertujuan agar siswa dapat lebih memahami suatu konsep materi yang diberikan. Dalam penelitian ini, difokuskan pada Tema 9 Kayanya Negeriku siswa kelas IV SD 1 Pladen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Stephen Kemmis dan Robin Mc.Taggart dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 1 Pladen dengan jumlah siswa 27 siswa. Pada penelitian ini menjadi variabel bebas yakni model Think Pair Share dan media Videoscribe serta variabel terikatnya yakni meningkatkan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tes uji validitas menggunakan Expert Judgement. Analisis yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian tindakan kelas ini terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 67% dan mengalami peningkatan pada siklus II 83%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase sebanyak 66% dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 83%. Pemahaman siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebanyak 72,81. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan rata-rata sebanyak 78,81. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 1 Pladen dapat disimpulkan penggunaan model Think Pair Share berbantuan Videoscribe dapat meningkatkan pemahaman konsep pada Tema 9 Kayanya Negeriku siswa kelas IV SD 1 Pladen.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd NIDN : 0617088403 Pembimbing 2 : Erik Aditia Ismaya, S.Pd, MA NIDN : 0623038604 |
Kata Kunci: | Think Pair Share, Videoscribe, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 03:31 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 03:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11257 |
Actions (login required)
View Item |